Kompas TV nasional peristiwa

Ucapan Imlek Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin: Harapan Esok Lebih Bahagia, Semangat Bangkit

Kompas.tv - 22 Januari 2023, 11:37 WIB
ucapan-imlek-presiden-jokowi-dan-wapres-maruf-amin-harapan-esok-lebih-bahagia-semangat-bangkit
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin menemui para relawan dan pendukung di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018). Keduanya memberikan ucapan selamat Tahun Baru China atau Imlek 2023. (Sumber: Kompas.com/Gerry Lotulung)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memberi ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Minggu (22/1/2023).

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai," tulis Presiden Jokowi melalui akun Instagram @jokowi, Minggu (22/1) pagi.

Presiden Jokowi juga mengunggah video pendek berisi animasi yang menggambarkan perayaan Tahun Baru Imlek, di antaranya tradisi keluarga yang sedang membagikan angpao serta pertunjukkan barongsai.

Di dalam animasi tersebut juga digambarkan kelinci berwarna putih yang seakan melompat di atas air, simbol Tahun Kelinci Air Imlek tahun 2023 ini.

Tampak pula keluarga yang sedang berkumpul mengenakan topi dengan bentuk atau simbol-simbol shio, yakni zodiak yang dipercaya orang Tionghoa, misalnya ular, naga, kelinci, kuda, tikus, dan sebagainya.

Tertulis juga "Selamat Tahun Baru Imlek, Presiden Joko Widodo" di dalam animasi tersebut.


Baca Juga: Saat Jokowi Ikuti Jalan Sehat Seabad NU di Solo, Harapkan Seluruh Warga Nahdliyin Sehat

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin mengunggah video pendek di akun Instagram @kyai_marufamin berisi gambar animasi dirinya dengan gestur tangan seperti orang Tionghoa yang sedang memberi salam ucapan "gong xi fa cai". Tangan kanan mengepal dan ditimpa oleh tangan kirinya.

Di belakang gambar Kyai Ma'ruf terdapat latar merah dengan gambar kelinci berwarna emas dan tulisan "Selamat Tahun Baru Imlek 2023".

"Tahun Baru Imlek 2574 seyogyanya dirayakan dengan rasa syukur dan semangat untuk terus bangkit, meskipun tantangan yang dihadapi tidak ringan," kata Wapres, Minggu (22/1).

"Semangat perayaan Imlek kiranya senantiasa menjadi momentum bagi segenap bangsa Indonesia untuk memperkuat solidaritas dalam mewujudkan visi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," imbuhnya.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili kepada seluruh umat Khonghucu dan warga Indonesia yang merayakan," pungkasnya.


Sebagaimana telah diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Imlek tahun 2023 kali ini disebut sebagai Tahun Kelinci Air.

Kelinci merupakan simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Oleh karena itu, tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan oleh masyarakat Tionghoa.

Sementara itu, orang dengan shio Kelinci Air dideskripsikan sebagai orang yang penuh kasih dan rasa sayang, sensitif, dan mudah berempati, serta sangat peduli dengan orang lain.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Dilakukan saat Imlek serta Maknanya: Bagi Angpao hingga Siapkan Makanan Khusus


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x