Kompas TV nasional peristiwa

Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa Dimakamkan di Bantul, Berdampingan dengan Makam Orang Tuanya

Kompas.tv - 24 Januari 2023, 15:12 WIB
dubes-ri-untuk-italia-muhammad-prakosa-dimakamkan-di-bantul-berdampingan-dengan-makam-orang-tuanya
Berita duka meninggalanya Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa, Selasa (17/1/2023). (Sumber: KBRI Italia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (Dubes LBBP) RI untuk Italia Muhammad Prakosa dimakamkan di pemakaman keluarga di pedukuhan Gresik, Kelurahan Sumbermulyo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Pemakaman jenazah Muhammad Prakosa  digelar mulai pukul 12.30 WIB. Adapun lokasinya berdampingan dengan kedua orang tuanya.

Demikian keterangan sepupu almarhum Prakosa, Muhammad Iwan Nursasongko di rumah duka Pendopo Prakosan Gresik, Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Selasa (24/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

"Dimakamkan di makam keluarga di belakang rumah. Berdampingan dengan bapak ibunya," kata Iwan Nursasongko.

"Jam setengah satu (12.30 WIB) dan selesai jam dua (14.00 WIB)."

Menurut penjelasannya, prosesi pemakaman, selain dihadiri keluarga besar beserta kerabatnya, juga dihadiri sejumlah petinggi dan pejabat di pemerintahan.

Dia mengatakan sebelum dinyatakan meninggal dunia pada Selasa (17/1) di Roma, Italia, waktu setempat, almarhum sempat mengalami keluhan pada kesehatan. Namun keluarga tak menjelaskan terkait keluhan tersebut. 

Baca Juga: Dubes RI untuk Italia Muhammad Prakosa Meninggal Dunia Hari Ini

Lebih lanjut, Iwan Nursasongko mengenang sosok almarhum Muhammad Prakosa sebagai sosok yang selalu mengayomi kerabat di lingkungan keluarga dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. 

"Beliau itu sangat baik untuk keluarga, bisa ngayomi, khususnya di trah (keluarga) bisa ngayomi semuanya. Di keluarga itu banyak sumbangsih untuk keluarga dan warga Gresik sini. Di silsilah keluarga termasuk yang tertua, bisa ngayomi adik-adiknya," jelasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Duta Besar Republik Indonesia untuk Italia Muhammad Prakosa meninggal dunia dunia pada 17 Januari 2023 di Italia.

"Telah meninggal dunia, pada hari Selasa, 17 Januari 2023 pukul.10.55 waktu setempat, di Sacro Cuore FSR Roma, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Italia merangkap Malta, Siprus, San Marino serta FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT, Dr. Muhammad Prakosa pada usia 62 tahun 10 bulan," demikian rilis Kedubes RI di Roma yang diterima Kompas TV, Selasa (17/1).

Muhammad Prakosa, lahir di Yogyakarta pada 4 Maret 1960, menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Italia sejak November 2021.

Politikus PDIP itu juga dikenal sebagai mantan anggota DPR dan Menteri Pertanian era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Ketika Megawati Soekarnoputri menjabat presiden, Muhammad Prakosa kemudian menjadi Menteri Kehutanan hingga 2004.

Baca Juga: Mengenal M Prakosa, Dubes Italia yang Pernah Melawan Perintah Megawati Soekarnoputri



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x