Kompas TV nasional politik

Anggota DPRD DKI Minta Heru Budi Selesaikan Persoalan Kemacetan Jakarta

Kompas.tv - 13 Februari 2023, 22:35 WIB
anggota-dprd-dki-minta-heru-budi-selesaikan-persoalan-kemacetan-jakarta
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta, Selasa (7/2/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth meminta kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyelesaikan persoalan kemacetan yang ada di Ibu Kota. 

Menurut dia, penanganan kemacetan tidak cukup hanya pada perbaikan fasilitas dan regulasi yang mendukung di Jakarta, tetapi juga diperlukan kerja sama antardaerah di kawasan penyangga.

Baca Juga: Polda Jateng Segera Uji Coba ETLE Drone, Bisa Rekam Pelanggaran Sekaligus Pantau Kemacetan

"Pemprov DKI harus bekerja sama dan membangun komunikasi dengan pemda-pemda di kawasan penyangga untuk menangani masalah ini, buang segala macam ego sektoral sehingga bersama sama bisa membuat satu formula yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan macet ini," kata Kenneth, Senin (13/2/2023), seperti dikutip dari Tribunnews.com.

"Karena mobilitas orang di Jakarta tidak hanya dipengaruhi oleh masyarakat Jakarta, tapi sebagian besar juga dari luar, khususnya daerah penyangga," ujarnya. 

Selain itu, kata Kent, padatnya kendaraan yang melintas di jalan menjadi pemicu kemacetan, belum lagi ditambah proyek konstruksi jalan, kecelakaan lalu lintas, serta faktor cuaca. 

Padahal, saat ini moda transportasi publik yang tersedia di Jakarta sudah semakin beragam. 

Namun sayangnya, kata dia, Pemprov DKI tidak mampu menaikkan minat masyarakat untuk naik transportasi umum.

"Usai pencabutan PPKM di Jakarta ini sangat berdampak sekali terhadap peningkatan mobilitas masyarakat, seharusnya sarana transportasi publik diperluas cakupan rutenya, lalu kualitas kenyamanan juga harus ditingkatkan untuk menarik minat masyarakat menggunakan transportasi publik."

"Saat ini pada kenyataannya yang saya temui di lapangan bahwa pelayanan transportasi umum masih belum memadai dan maksimal," katanya. 




Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x