Kompas TV nasional kriminal

KKB Minta Tukar Pilot Susi Air dengan Senjata, Mahfud: Masa Barter dengan Pemberontak, Bodoh Bener

Kompas.tv - 28 Februari 2023, 18:52 WIB
kkb-minta-tukar-pilot-susi-air-dengan-senjata-mahfud-masa-barter-dengan-pemberontak-bodoh-bener
Menkopolhukam Mahfud MD menanggapi permintaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang meminta barter pilot Susi Air dengan senjata api.Selasa (28/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) menanggapi permintaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang meminta barter pilot Susi Air dengan senjata api.

Menurut Mahfud, pemerintah tidak mungkin memenuhi keinginan mereka untuk menukar pilot Susi Air yang disandera, Philip Mark Mehrtens.

Ndak mungkin kita mau. Masa mau barter kepada pemberontak, bodoh bener itu,” kata Mahfud, Selasa (28/2/2023).

Mahfud menyebut pihak pemerintah sudah memiliki strategi untuk menyelamatkan pilot berkewarganegaraan Selandia Baru tersebut.

“Nanti ada strategi yang akan dilakukan oleh aparat kita. Pokoknya kita nyelamatkan orang dulu.”

Baca Juga: Panglima TNI Ungkap Sulitnya Bebaskan Pilot Susi Air: KKB Berbaur Masyarakat, Tak Mau Ada Korban

“Tapi nggak mungkin kita ngasih, satu, kemerdekaan, yang kedua, ngasih senjata dan sebagainya, nggak mungkin. Kita nggak boleh kalah pada penjahat,” tegasnya.

Mengenai kondisi pilot yang masih dalam penyanderaan mereka, Mahfud menyebutnya dalam keadaan sehat.

“Kalau sanderanya dalam keadaan sehat, karena disandera memang untuk mengancam yang bersangkutan agar dia diberi imbalan oleh aparat kita.”

Dalam wawancara tersebut, Mahfud juga menyebut bahwa pihak KKB masih terus menyandera pilot itu, sehingga aparat keamanan belum menyergap mereka.

“Mereka sandera terus, kalau disergap kan bahaya ini, padahal kita sudah bicara dengan pihak New Zealand untuk mengutamakan keselamatan sandera,” tuturnya.





Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x