Kompas TV nasional rumah pemilu

Momen Sandiaga Uno Diteriaki Presiden! saat Buka Harlah ke-50 PPP

Kompas.tv - 12 Maret 2023, 20:00 WIB
momen-sandiaga-uno-diteriaki-presiden-saat-buka-harlah-ke-50-ppp
Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri acara dialog interaktif dalam rangka Harlah ke-50 PPP dan seabad NU di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (12/3/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapatkan sorak dukungan dari sejumlah orang untuk menjadi calon presiden atau capres 2024.

Momen dukungan kepada Sandiaga itu terjadi dalam acara dialog interaktif dalam rangka Harlah ke-50 PPP dan seabad NU di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (12/3/2023).

Dalam sambutannya di acara tersebut, Sandiaga mengeklaim ekonomi kreatif Indonesia sudah menembus tiga besar dunia.

"Ekonomi kreatif adalah masa depan, di mana kita akan menciptakan kreasi-kreasi baru, inovasi-inovasi baru, dan produk-produk baru,” kata Sandiaga.

“Karena ekomomi kreatif kita sudah tiga besar dunia, kita hanya kalah dari Amerika, nomor dua Korea (Selatan)," lanjutnya.

Baca Juga: PKS Usulkan Sandiaga Uno Jadi Cawapres, Jubir Anies Singgung Kriteria Chemistry

Sandiaga menyampaikan, Indonesia menargetkan untuk menyalip ekonomi kreatif Korea Selatan dalam kurun sepuluh tahun mendatang.

"Karena kalau mereka memiliki K-Pop, kita memiliki musik-musik hadrah seperti Nisa Sabyan,” katanya. Ia kemudian memimpin hadirin menyanyikan Ya Maulana yang dipopulerkan Nisa Sabyan.

Menurut Sandiaga, produk domestik bruto (PDB) terbesar ekonomi kreatif Indonesia berasal dari sektor kuliner. Sektor kuliner menyumbang 42 persen dari total PDB ekonomi kreatif. Sedangkan sektor kriya menyumbang 15 persen.

Eks cawapres 2019 itu juga menyebut Kemenparekraf menargetkan 4,4 juta lapangan kerja dihasilkan ekonomi kreatif pada 2024. Pengembangan ini akan berfokus pada tiga sektor, yakni kuliner, fesyen, dan kriya.

Kepada kalangan santri yang hadir, Sandiaga menyebut pihaknya akan melibatkan santri lewat program Santri DigitalPreneur. Ia mendorong santri untuk menciptakan konten kreatif, berinovasi dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Sandiaga Uno kemudian memungkasi sambutannya dengan pantun, lalu sebagian hadirin sontak menyorakinya dengan teriakan, “Sandiaga, Presiden!”'

"Rebus ubi campurkan ragi, tape dibuat manis terasa. Mari bersama kita bersinergi, bersama-sama untuk kemajuan hidup berbangsa,” ucap Sandiaga berpantun.

Baca Juga: Arahan Prabowo ke Sandiaga: Selesaikan Tugas di Menparekraf, Capres-Cawapres Urusan Pimpinan


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x