Kompas TV nasional humaniora

Pemprov DKI Bakal Gelar Kompetisi Sepeda BMX di RTH Kalijodo, Pj Gubernur: Nanti Hadiahnya dari Saya

Kompas.tv - 9 April 2023, 05:55 WIB
pemprov-dki-bakal-gelar-kompetisi-sepeda-bmx-di-rth-kalijodo-pj-gubernur-nanti-hadiahnya-dari-saya
Salah satu fasilitas yang ada di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo yakni arena bermain sepeda BMX dan skate park. (Sumber: Humas Pemprov DKI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar kompetisi sepeda BMX di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo.

Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menilai perlu ada peremajaan di RTH-RPTRA Kalijodo, salah satunya dengan mengadakan kegiatan rutin. 

Heru telah minta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI untuk berkomunikasi dengan komunitas sepeda BMX untuk mengadakan kegiatan. Jika perlu diadakan kejuaraan sepeda BMX di RTH Kalijodo.

"Nanti hadiahnya biar dari saya. Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kita pikirin," ujar Heru usai meninjau RTH-RPTRA Kalijodo, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga: Bukan di JIS, PJ Gubernur DKI Jakarta Sebut Rencana Salat Idulfitri 1444 H di Balai Kota

Selain meminta agar ada kegiatan rutin, Heru juga meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI melakukan sejumlah perbaikan di RTH-RPTRA Kalijodo seperti memperbaiki kanopi, pengecatan, dan lain-lain. 

Hal ini untuk menarik pengunjung ke RTH-RPTRA yang diresmikan pada tahun 2017 lalu. 

"Saya minta di sini ada kegiatan rutin, nanti informal saya datang," ujar Heru.

Adapun peremajaan RTH-RPTRA Kalijodo ini setelah mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat memberi perhatian terkait fasilitas yang tidak terawat.

Baca Juga: RPTRA Kalijodo Tak Secantik Dahulu

Video kunjungannya yang diunggah di Instagram pribadinya, Selasa (4/4/2023), Djarot menyoroti soal lapak jualan yang padat, keretakan dinding, hingga sampah yang menggunung. 

"Kalijodo setelah 5 tahun yang lalu kita benahi menjadi RTH-RPTRA. Lapak jualan yang padat, retakan pada bangunan, tidak terawat dan sampah yang menggunung. Miris dan kecewa," tulis Djarot dalam keterangan unggahan video kunjungannya ke RPTRA Kalijodo. 

RPTRA dan RTH Kalijodo berlokasi di dua wilayah kota administrasi Jakarta. 

RPTRA atau taman bermain anak berlokasi di Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Sedangkan ruang terbuka hijau berada di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Baca Juga: Warga Keluhkan Banyaknya Sampah di Taman Kalijodo

RPTRA Kalijodo memiliki luas lahan 5.489 meter persegi dan luas bangunan 1.468 meter persegi. Sedangkan RTH Kalijodo memiliki luas sekitar 10 ribu meter persegi. 

Fasilitas yang tersedia antara lain, skate park, arena bermain sepeda BMX, outdoor gym dan toilet untuk penyandang disabilitas.


 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x