Kompas TV nasional politik

Lebaran Penuh Warna Politik: Koalisi Makin Dinamis, Pertemuan Politikus Makin Kencang

Kompas.tv - 23 April 2023, 08:48 WIB
lebaran-penuh-warna-politik-koalisi-makin-dinamis-pertemuan-politikus-makin-kencang
Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan keluarga bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). (Sumber: Dok. Agus Suparto via Kompas.com)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Lebaran 1444 H tahun ini sangat terasa berbalut dengan tahun politik yang kental. Diawali dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang mengumumkan bakal calon presiden (bacapres) pada 21 April 2023 yang menunjuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, tepat sehari sebelum lebaran versi pemerintah, para politisi kemudian seperti berlomba memanfaatkan momen lebaran.

"Pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 maka pada 13.45 menetapkan Ganjar Pranowo untuk ditingkatkan penugasannya sebagai capres dari PDI-P," kata Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. 

Esok harinya, Sabtu (22/4) tepat di hari lebaran, Presiden Joko Widodo atau Jokowi salat Idulfitri bersama Ganjar di Masjid Sheik Zayed Solo, Jawa Tengah. Sementara di Masjid Istiqlal Jakarta, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla salat bersama Anies Baswedan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Sementara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Masjid Al-Azhar Jakarta. Pertanyaan para wartawan usai salat id tertuju pada isu Ganjar yang sudah jadi bakal capres.

Baca Juga: Deklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres Jadi Pertimbangan KIB untuk Merapat ke PDIP

Di hari yang sama Prabowo kemudian bertolak ke Solo menemui Jokowi dan keluarga.

"Sebagaimana biasa tradisi kita, adat kita, kalau Lebaran biasanya anak buah itu sowan atau Lebaran kepada pimpinan. Beliau pimpinan saya, beliau Presiden, panglima tertinggi, saya menteri beliau, jadi sudah saya kira berapa kali juga saya kalau Lebaran ke beliau," kata Prabowo yang juga Ketua Umum Partai Gerindra.

Kesempatan hari lebaran juga dimanfaatkan oleh Sandiaga Uno bertemu dengan Plt Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono di Jakarta. Sandiaga disambut oleh Mardiono yang mengenakan baju koko hitam dan peci berwarna hitam.

Keduanya langsung masuk ke dalam rumah Mardiono dan berbicara empat mata secara tertutup selama kurang lebih 1,5 jam.





Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x