Kompas TV nasional peristiwa

Kasus Covid-19 Varian Baru Meningkat, Masyarakat Diimbau Kenakan Masker saat Bepergian

Kompas.tv - 27 April 2023, 05:15 WIB
kasus-covid-19-varian-baru-meningkat-masyarakat-diimbau-kenakan-masker-saat-bepergian
Ilustrasi virus Covid 19 sub varian Arcturus. Seiring dengan naikinya kasus Covid-19, khususnya di Singapura dan India, Kementerian Kesehatan meminta masyarakat agar aktif kembali memakai masker dan menjalani hidup sehat. (Sumber: Dok. Kementerian Kesehatan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat diimbau untuk kembali menggunakan masker saat bepergian. Langkah ini ditempuh akibat peningkatan kasus Covid-19 varian baru yang terjadi di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril mengatakan antisipasi ini diutamakan bagi masyarakat yang sedang flu.

"Masyarakat agar aktif kembali memakai masker, terutama untuk orang yang sedang sakit influenza, orang yang kontak erat dengan orang yang sedang sakit, dan apabila kita berada di keramaian dan kerumunan. Tidak lupa jaga kesehatan untuk mencegah kasus kembali naik,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril di Jakarta, Rabu (26/4/2023), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Menko PMK Muhadjir Effendy Infokan Status Vaksinasi Covid-19 Tak Lagi Jadi Syarat Naik Kereta Api!

Selain memakai masker, Syahril juga  meminta masyarakat menjalani pola hidup sehat, dan mengikuti program vaksinasi Covid-19, sebagai cara efektif mencegah lonjakan kasus.

"Terutama pada golongan lanjut usia, diharapkan peningkatan kasus bisa dicegah," katanya.

Syahril mengatakan, subvarian Arcturus atau XBB 1.16 yang sangat menular jadi pemicu kenaikan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir di Indonesia.

Gejala dari varian tersebut antara lain mata merah atau muncul belek pada anak-anak, demam atau menggigil, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau pilek, mual atau muntah, dan diare.

“Kita wajib menjaga kelompok lanjut usia sebagai kelompok yang rentan tertular dan masuk rumah sakit,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan dari laporan harian Satgas Penanganan Covid-19, hari ini, jumlah kasus aktif di Indonesia bertambah 194 kasus, sedangkan angka konfirmasi meningkat 1.399 kasus.

Sebanyak 1.191 lainnya dinyatakan sembuh dan jumlah kematian bertambah 14 jiwa.

Baca Juga: Mudik Sehat Bersama Mobil Siaga Lifebuoy Antisipasi Potensi Covid-19 Pemudik


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x