Kompas TV nasional rumah pemilu

Di hadapan Relawan, Anies Singgung Prinsip Satu Kesemakmuran: Kita ingin Ketimpangan Dibereskan

Kompas.tv - 7 Mei 2023, 19:25 WIB
di-hadapan-relawan-anies-singgung-prinsip-satu-kesemakmuran-kita-ingin-ketimpangan-dibereskan
Anies Baswedan saat menyampaikan pidato politik dalam kegiatan relawan Amanat Indonesia di Stadion Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menyebut mewujudkan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia masih menjadi tantangan besar yang dihadapi sejak kemerdekaan.

Padahal, kemakmuran merupakan salah satu cita-cita kemerdekaan bangsa yang tertuang pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Hal ini disampaikan Anies saat menyampaikan pidato politik dalam kegiatan relawan Amanat Indonesia di Stadion Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (7/5/2023).

"Hari ini kita juga harus menengok ke depan, kenyataannya hari ini, ya wilayah kita satu, ya bahasa kita satu, ya negara kita satu, tetapi kemakmurannya masih berbeda-beda," kata Anies.

Sebab itu, dia pun menyebut janji kemerdekaan yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945, yakni menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat, harus menjadi arah kebijakan politik ke depan.

"Itulah yang akan kita arah ke depan, satu perekonomian, satu kesemakmuran," ujarnya.

"Bukan kemakmuran tinggi di satu kota dan rendah di wilayah lain, bukan kemakmuran tinggi di satu pulau dan lemah di tempat lain. Kita ingin ketimpangan-ketimpangan seperti ini dibereskan untuk semuanya."

Baca Juga: Tiba di Acara Relawan ANIES, Anies: Semua Pimpinan Koalisi Perubahan Hadir

Lebih lanjut, dia pun menyinggung capaiannya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta terkait pembangunan Pulau Sebira.

Di mana Anies berujar, satu kesemakmuran di Jakarta terlihat dari adanya pembangunan Pulau Sebira tersebut.

"Saya beri contoh ada 1 pulau yang kalau di peta hanya nampak seperti titik di situ disebut sebagai, sang penjaga utara, pulau ini selama sejak kemerdekaan hingga akhir-akhir ini adalah pulau yang jauh di depan dari daratan di Jakarta," ujar Anies.

"Lokasi pulaunya lebih dekat ke Sumatra, daripada ke dermaga Sunda Kelapa, lebih dekat ke Sumatera tapi dia bagian dari Jakarta. Pulau ini puluhan tahun tanpa listrik, puluhan tahun kesulitan air bersih, puluhan tahun hanya sesekali kalau melintas, namanya Pulau Sebira."

Namun berkat adanya pembangunan di Pulau Sebira, Anies menyebut masyarakatnya kini sudah bisa menikmati listrik, air bersih hingga akses pendidikan yang lengkap.

"Apa yang terjadi, dibangun pulau itu, dikirimkan pesan kepada semua 11 pulau yang berada di luar daratan Jakarta, mereka sekarang kini semua menikmati listrik lengkap, air bersih lengkap, akses kesehatan lengkap, akses pendidikan lengkap," jelasnya.

"Ini komitmen kita bahwa berada dalam wilayah yang sama, teritori yang sama, kita harus bisa satu kesemakmuran."

Baca Juga: Gaya Santai Anies Baswedan Sapa Relawan Amanat Indonesia dari Berbagai Kota


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x