Kompas TV nasional peristiwa

Sambutan Hangat Jokowi untuk PM Timor Leste di Labuan Bajo, Sebentar Lagi Jadi Anggota Penuh ASEAN?

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 07:15 WIB
sambutan-hangat-jokowi-untuk-pm-timor-leste-di-labuan-bajo-sebentar-lagi-jadi-anggota-penuh-asean
Presiden RI Joko Widodo bersalaman dengan PM Timor Leste Taur Matan Ruak di sela KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). (Sumber: Akbar Nugroho Gumay/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5/2023). Jokowi juga menyelamati Taur Matan Ruak atas admisi Timor Leste ke organisasi antarpemerintahan Asia Tenggara tersebut.

"Selamat datang di Labuan Bajo, Perdana Menteri Taur Matan Ruak, dan selamat datang ke organisasi ASEAN juga," kata Jokowi setelah bertemu Ruak di Hotel Meurorah, Labuan Bajo, Selasa (9/5) sebagaimana dikutip Antara.

Baca Juga: Para Menteri Luar Negeri akan Bahas Pencegahan Perdagangan Orang di KTT ASEAN

Timor Leste sendiri saat ini berstatus sebagai peserta peninjau dalam pertemuan-pertemuan ASEAN. Hal tersebut disepakati usai para pemimpin ASEAN dalam KTT ke-41 di Kamboja menyepakati Timor Leste sebagai anggota ke-11 organisasi tersebut.

Keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN sendiri juga akan dibahas di Labuan Bajo. Topik ini akan dibahas dalam pertemuan para menteri luar negeri di Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) ke-33.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyebut pertemuan ACC akan membahas rekomendasi terkait peta jalan bagi Timor Leste meraih keanggotaan penuh ASEAN. Menteri Luar Negeri Timor Leste Adalijza Magno sedianya juga akan mengikuti pertemuan ACC itu.

"Saya yakin kita bisa menyetujui rekomendasi-rekomendasi terkait peta jalan ini dan membantu saudara-saudari kita di Timor Leste. Kami siap berkontribusi membantu mereka mendapatkan keanggotaan penuh (ASEAN)," kata Retno.

Sebelumnya, ketika PM Timor Leste mengunjungi Istana Kepresidenan Bogor pada 13 Februari lalu, Jokowi juga menyampaikan dukungan bagi negara tetangga Indonesia itu mendapatkan keanggotaan penuh ASEAN.

Baca Juga: Jokowi Kecam Serangan Bersenjata atas Konvoi ASEAN di Myanmar, 2 Diplomat Singapura Jadi Korban


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x