Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar dan PKB Motori Pembentukan Koalisi Besar, Siapa Bakal Capres dan Cawapres?

Kompas.tv - 10 Mei 2023, 18:39 WIB
golkar-dan-pkb-motori-pembentukan-koalisi-besar-siapa-bakal-capres-dan-cawapres
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto usai melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Rabu (3/5/2023). (Sumber: Humas DPP PKB. )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentuk tim kecil atau koalisi inti untuk memotori dan mempercepat pembentukan koalisi besar.

Koalisi inti tersebut resmi dibentuk pada Rabu (3/5/2023) oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Lantas, bagaimana penentuan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden(cawapres) setelah adanya koalisi besar?

Baca Juga: Ketua Bapilu Golkar Ungkap Target Airlangga Hartarto Bermanuver Temui Pimpinan Partai di Luar KIB

Terkait hal itu, Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono mengatakan, pihaknya tidak akan mengubah sikap dan tetap akan mengusung Airlangga Hartarto sebagai bacapres.

Dengan adanya koalisi, Dave mengatakan, pihaknya akan mengikuti bagaimana arah pembicaraan dan diskusi dalam koalisi inti dan koalisi besar yang akan dibentuk.

“Kita tidak mengubah sikap, tentu berpegang pada keputusan Munas kemarin. Tapi itu kan internal Golkar. Nah, keputusan secara koalisi itu tergantung arah pembicaraan, kesepakatan, dan kesepahaman, baik di koalisi kecil maupun koalisi besarnya,” kata Dave dalam Rumah Pemilu di Kompas TV, Rabu (10/5/2023).

Dia menambahkan, koalisi besar nantinya akan memilih bakal calon presiden terbaik dari yang terbaik.

Adapun kriteria yang diinginkan adalah sosok yang dapat melanjutkan pembangunan dan target kerja pemerintah.

“Masih ada cukup waktu untuk kita memastikan yang kita calonkan itu yang terbaik, yang bisa diterima semua pihak,” jelas Dave.

“Yang kita dorong yang merupakan kelanjutan dari pembangunan hari ini, dan bisa merampungkan rancangan dan target kerja pemerintah. Dan memastikan pembangunan ke depan berlanjut terus,” tuturnya.

Baca Juga: Surya Paloh Akui Koalisi Parpol Pro Anies Kerap Diganggu: Karena Dikhawatirkan, Ada Sesuatu

Hingga saat ini, koalisi inti masih menyiapkan rencana pembentukan koalisi besar.

Hari ini Golkar dan PKB kembali bertemu untuk membahas detail pembentukan koalisi besar.

Dave mengatakan, koalisi besar ditargetkan terbentuk pada pekan ini. 

Dave menambahkan, hingga saat ini, rencana pembentukan koalisi besar sudah sampai pada kesepahaman bersama antara masing-masing partai.

“Kita sudah sangat yakin, semangatnya sudah sama, konsep kerjanya juga sudah ada kesepahaman sehingga bisa segera kita rangkumkan,” jelas dia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x