Kompas TV nasional hukum

Gawat dalam Waktu 30 Menit Pabrik Ekstasi di Tangerang Bisa Hasilkan 3 Ribu Pil

Kompas.tv - 3 Juni 2023, 05:18 WIB
gawat-dalam-waktu-30-menit-pabrik-ekstasi-di-tangerang-bisa-hasilkan-3-ribu-pil
Kabareskrim Polri Komjen Polisi Agus Andrianto (dua kanan) saat menunjukkan barang bukti hasil ungkap pabrik pembuatan ekstasi jaringan internasional di Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (2/6/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Azmi Samsul Maarif)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terungkap, pabrik ekstasi di sebuah perumahan elit di Kabupaten Tangerang, Banten mampu memproduksi ribuan ekstasi dalam waktu yang singkat. 

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto menjelaskan alat cetak milik tersangka ini mampu membuat 3 ribu pil ekstasi dalam waktu 30 menit.

Ia menyatakan jika tidak dilakukan penindakan maka bisa dibayangkan berapa banyak pil ekstasi yang beredar di masyarakat.     

"Ini bukan industri rumahan, kalau home industri alat cetaknya bukan seperti ini, karena setengah jam bisa 3 ribu. Artinya memang alat ini cukup efektif untuk membuat ekstasi," ujar Komjen Agus saat jumpa pers, Jumat (2/6/2023).

Komjen Agus menambahkan terbongkarnya pabrik ekstasi ini merupakan kerja sama dan koordinasi Bea dan Cukai Kementerian Keuangan dengan Mabes Polri. 

Baca Juga: Jaringan Internasional Pabrik Ekstasi Terungkap, Polisi Buru Otak Pembuatan!

Awalnya petugas Bea Cukai mencurigai masuknya mesin cetak tablet, dan bahan-bahan kimia seperti pentylon dari luar negeri yang bukan dari perusahaan farmasi. 

Temuan itu diinformasikan ke Mabes Polri lantaran diduga adanya pabrik obat gelap atau clandestine laboratory

Usai mendapat informasi itu, Bareskrim kemudian bekerja sama dengan Bea Cukai, Polda Banten dan Polda Jawa Tengah. 

Penyelidikan awal pun dilakukan. Hingga akhirnya pada Kamis (1/6), tim gabungan kepolisian dan Bea Cukai menggerebek dua lokasi pabrik narkoba. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x