Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Dorong Erick Thohir Jadi Cawapres, Tak Tutup Opsi Usung Airlangga-Zulhas

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 13:41 WIB
pan-dorong-erick-thohir-jadi-cawapres-tak-tutup-opsi-usung-airlangga-zulhas
Sekjen PAN Eddy Soeparno menjelaskan alasan partainya ngotot mengusulkan Erick Thohir sebagai cawapres meski bukan kader PAN dalam program Satu Meja The Forum yang ditayangkan Kompas TV, Rabu (7/6/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Amanat Nasional (PAN) konsisten mendorong Menteri BUMN Erick Thohir menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

Sekjen PAN Eddy Soeparno pun menjelaskan alasan partainya ngotot mengusulkan Erick sebagai cawapres, meski bukan kader PAN.

"Pertimbangannya satu, kita harus menang dalam Pilpres 2024. Menurut kami, formulanya saat ini mungkin itu (Erick Thohir jadi cawapres) salah satu yang terbaik," kata Eddy dalam program Satu Meja The Forum yang ditayangkan Kompas TV, Rabu (7/6/2023). 

Eddy juga menyebut Erick memiliki kompetensi dan potensi sebagai cawapres yang dapat membawa nilai elektoral.

"Dan kami yakin, ketika nanti salah satu capres (calon presiden) mengambil pak Erick Thohir sebagai cawapres, itu akan membawa elektoral positif untuk PAN ke depannya," tegasnya.

Di sisi lain, ia mengeklaim Erick punya kedekatan dengan PAN karena selalu menyempatkan diri untuk hadir dalam sejumlah agenda besar partai tersebut.

"Erick Thohir, tiga tahun ini sudah berkegiatan dengan PAN, sangat intens hubungannya dengan PAN. Kedekatan kita sudah sangat kuat," ujarnya.

Baca Juga: Zulhas Ungkap Tak Bahas Erick Thohir Saat Bertemu Megawati

Tak hanya dengan partai, menurut Edyy, Erick juga memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Pasalnya, kata dia, kedua menteri tersebut sama-sama merupakan putra Lampung.

"Bahkan dengan Pak Zulkifli Hasan beliau itu bicaranya sudah bahasa batin, karena satu kampung kan, dari Lampung Selatan," ujarnya.

Kendati demikian, Eddy menyebut partainya masih membuka opsi menduetkan Zulkifli Hasan alias Zulhas dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

Adapun konfigurasinya, Airlangga sebagai capres dan Zulhas sebagai cawapres.

"Tetapi kami juga tidak mau menutup (kemungkinan), namanya juga tadi seperti yang disampaikan mas Eriko (Ketua DPP PDIP), politik adalah seni dari segala kemungkinan, jadi apapun bisa terjadi," jelasnya.

"Pada hari ini, kita akan tetap mendorong pak Erick, meskipun kita tak pernah menutup opsi Pak Airlangga dengan Pak Zulhas."

Diketahui, sebelumnya PAN telah menawarkan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi bakal cawapres untuk bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo.

Nama Erick juga telah disodorkan untuk menjadi bakal cawapres Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Baca Juga: Puan Sebut Nama Bakal Cawapres yang Masuk Peta PDIP: Ada Mahfud hingga Erick Thohir


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x