Kompas TV nasional hukum

Meski Akui Kurang Sepakat soal Masa Jabatan Pimpinan KPK, Mahfud MD: Pemerintah Ikut Putusan MK

Kompas.tv - 9 Juni 2023, 17:33 WIB
meski-akui-kurang-sepakat-soal-masa-jabatan-pimpinan-kpk-mahfud-md-pemerintah-ikut-putusan-mk
Menko Polhukam Mahfud MD memberikan keterangan kepada wartawan tentang sikap pemerintah terhadap putusan MK terkait perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK, di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (9/6/2023). (Sumber: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa Pemerintah telah memutuskan untuk mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai perpanjangan masa jabatan pimpinan KPK.

"Pemerintah, sesudah mempertimbangkan perdebatan di kalangan akademisi, di kalangan praktisi, di kalangan ahli ketatanegaraan, Pemerintah memutuskan mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi," kata Mahfud MD dalam konferensi persnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023).

"Dalam beberapa hal, pemerintah kurang sependapat dengan putusan MK. Tetapi yang lebih prinsip, di atas kurang kesepakatan itu, adalah pemerintah harus tunduk pada ketentuan konstitusi bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi itu final dan mengikat."

"Sehingga karena Mahkamah Konstitusi menyatakan jabatan komisioner KPK itu berlaku 5 tahun dan berlaku untuk periode yang existing yang sekarang ada, maka itu akan diikuti oleh Pemerintah sesuai dengan ketentuan konstitusi bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi itu final dan mengikat, terlepas dari soal kita suka atau tidak suka," jelas Mahfud.

Namun, lanjut Mahfud MD, Keputusan Presiden (Keppres) mengenai perpanjangan jabatan Firli Bahuri dan kawan-kawan tidak bakal dikeluarkan dalam waktu dekat.

Dirinya sekali lagi menegaskan bahwa Pemerintah ikut dengan putusan MK soal masa jabatan pimpinan KPK.

"Tidak bakal segera. Kan itu habisnya nanti, masih 19 Desember (2023). Tetapi kalau Pemerintah tidak mengeluarkan Keppres, tidak membentuk tim seleksi sekarang, itu berarti memang berlaku untuk yang sekarang jabatan itu," ujarnya. 

"Karena kalau misalnya Pemerintah tidak setuju dengan MK, ya mestinya kan sekarang sudah dibentuk pansel (panitia seleksi, red). Pemerintah terikat pada putusan MK."


Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Sebut 6.389 Pejabat Negara Belum Lapor Harta Tahun 2022



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x