Kompas TV nasional politik

PDI-P Syaratkan Kaesang Pangarep Ikut Sekolah Partai untuk Jadi Calon Pemimpin Daerah

Kompas.tv - 11 Juni 2023, 11:27 WIB
pdi-p-syaratkan-kaesang-pangarep-ikut-sekolah-partai-untuk-jadi-calon-pemimpin-daerah
Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menyebut dirinya siap menjadi wali kota Depok, Jawa Barat. (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat.)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memberi syarat bagi putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, untuk ikut sekolah partai apabila ingin mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

Pernyataan tersebut diucapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto saat dimintai tanggapan terkait kesiapan Kaesang maju menjadi calon Wali Kota Depok, Jawa Barat.

Menurut Hasto, Kaesang perlu mengikuti pendidikan dan kaderisasi sebelum mencalonkan diri sebagai pemimpin daerah.

“Sekiranya Mas Kaesang tertarik ya akan kita ikutkan dalam suatu proses pendidikan dan kaderisasi untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin,” kata Hasto kepada awak media di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023).

Ia menegaskan, bagi PDIP, siapa pun sosok yang akan mencalonkan diri sebagai kepala daerah harus mengikuti mekanisme kaderisasi.

Baca Juga: Tanggapan Hasto, Kaesang Mantap Maju Pilwalkot Depok 2024: Masuk PDIP, Ikut Kaderisasi

Hasto pun mencontohkan kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, yang pernah mengikuti kaderisasi sebelum mencalonkan diri dan diusung PDI-P sebagai Wali Kota Solo/Surakarta, Jawa Tengah.

Pengajar di sekolah partai PDI-P itu, kata Hasto, terdiri dari sejumlah tokoh politik dan guru besar, termasuk di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Lalu, ada juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Azwar Anas, yang jadi pengajar di sekolah partai PDI-P.

Meski demikian, melansir dari Kompas.com, Hasto bungkam saat ditanya apakah Kaesang sudah berkomunikasi dengan PDI-P terkait rencana pencalonan dirinya sebagai Wali Kota Depok.

Sebelumnya, anak bungsu Presiden Jokowi itu mengunggah video berjudul "Klarifikasi, Saya Buka Suara" di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat.

Suami Erina Gudono itu mengaku siap untuk maju sebagai Depok pertama. Beberapa waktu sebelumnya juga muncul baliho bergambar Kaesang yang didukung Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk maju sebagai calon Wali Kota Depok, Jabar.

Baca Juga: Erina Gudono Beri Restu Kaesang Maju Wali Kota Depok: Adek Mau Berjuang Bareng

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka!" ujar Kaesang, dikutip dari video tersebut, Sabtu (10/6/2023).

Sementara di baliho yang terpasang di Jalan Margonda, Kota Depok, Jabar, tampak foto Kaesang mengenakan kemeja putih dan memegang setangkai mawar merah dengan tulisan "PSI Menang, Walikota Kaesang".


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x