Kompas TV nasional politik

Menhan Prabowo: Pembelian Pesawat Tempur Mirage Eks AU Qatar untuk Latihan Pilot TNI Gunakan Rafale

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 07:15 WIB
menhan-prabowo-pembelian-pesawat-tempur-mirage-eks-au-qatar-untuk-latihan-pilot-tni-gunakan-rafale
Pesawat tempur F-16 Milik TNI AU. (Sumber: Dok. Dinas Penerangan TNI AU)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembelian Mirage 2000-5 bekas dari Angkatan Udara (AU) Qatar tidak sekadar mengganti pesawat tempur yang masuk tahap peremajaan, tetapi juga untuk melatih pilot TNI AU menggunakan Rafale.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjelaskan, teknologi Mirage 2000-5 hampir sama dengan pesawat tempur Dassault Rafale yang sudah dipesan oleh Indonesia.

Baik Mirage maupun Rafale di produksi oleh perusahaan yang sama, yakni Dassault Aviation, Prancis.

Hal ini menjadi salah satu alasan Prabowo membeli 12 Mirage 2000-5 bekas dari AU Qatar. Dengan teknologi yang sama seperti Rafale, para pilot pesawat tempur TNI AU bisa melakukan penyesuaian, begitu juga dengan kru pemeliharaan. 

"Istilahnya sangat kompatibel dengan Rafale. Berarti ini bisa dikatakan proses penyesuaian pilot-pilot kita dengan teknologi menuju Rafale. ToT (transfer teknologi)-nya karena ini bukan pesawat yang baru, pertama kita punya penerbang dan kru maintenance belajar dengan teknologi ini (Mirage 2000-5)," ujar Prabowo di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Menhan Prabowo akan Remajakan Semua Pesawat Tempur, Mulai dari SU-27 hingga F-16

Di sisi lain, kedatangan Mirage 2000-5 juga untuk mengisi kesenjangan pesawat tempur TNI AU yang masuk tahap peremajaan. 

Proses pengiriman Mirage paling lama ditaksir 24 bulan, sedangkan untuk proses peremajaan dan perbaikan (overhaul) pesawat tempur milik TNI AU memerlukan waktu paling cepat 18 bulan. Di antaranya adalah F-5 Tiger, Sukhoi SU 27/30, F-16, dan Hawk 100/200. 

Kemudian pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas AU Qatar memiliki jam terbangnya pun masih relatif rendah. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x