Kompas TV nasional peristiwa

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Ini 24 Wilayah yang Terdampak 28 Juni 2023

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 05:40 WIB
peringatan-dini-cuaca-ekstrem-bmkg-ini-24-wilayah-yang-terdampak-28-juni-2023
Ilustrasi. Waspada cuaca ekstrem di 24 daerah di Indonesia pada hari ini Rabu 28 Juni 2023 berdasarkan prakiraan BMKG. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPSA.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, Rabu (28/6/2023). Sebanyak 24 wilayah di Indonesia diperkirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Wilayah tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur. 

Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Jemaah Haji Diminta Waspada Terjadinya Heat Stroke saat Armuzna

Sementara itu, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur juga diprediksi akan mengalami hujan yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Sedangkan Banten berpotensi mengalami angin kencang.

Peringatan ini diberikan sebagai tindakan pencegahan dan antisipasi terhadap potensi kerusakan dan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh cuaca ekstrem.

Baca Juga: Terkendala Cuaca Buruk, Tim SAR Hentikan Pencarian Pesawat SAM Air!

Masyarakat diimbau untuk waspada dan berhati-hati, khususnya bagi mereka yang berada di wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem.

Sebagaimana dikutip dari BMKG, terdapat sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudra Hindia selatan NTT.


Sirkulasi ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di sepanjang Samudra Hindia selatan NTT, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Timor dan Laut Flores.

Baca Juga: Cuaca Buruk Dan Medan Terjal Jadi Kendala Evakuasi Korban Pesawat Sam Air

Kondisi ini memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Akibatnya, kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.



Sumber : Kompas TV, bmkg.go.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x