Kompas TV nasional humaniora

Survei Nasional Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Negara: TNI Tertinggi, Partai Politik Terendah

Kompas.tv - 2 Juli 2023, 21:19 WIB
survei-nasional-kepercayaan-publik-terhadap-lembaga-negara-tni-tertinggi-partai-politik-terendah
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (dua kanan) tiba di Papua, Senin (17/4/2023), untuk memimpin evaluasi operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. (Sumber: ANTARA/Pusat Penerangan TNI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei nasional yang dilakukan oleh Indikator Politik bulan Juni 2023 menunjukkan bahwa lembaga negara yang paling dipercaya ialah Tentara Nasional Indonesia (TNI), sedangkan yang paling tidak dipercaya adalah partai politik.

Melalui rilis resmi yang diumumkan hari ini, Minggu (2/7/2023), Indikator Politik menunjukkan hasil survei bertajuk "Evaluasi Publik atas Kinerja Lembaga Penegak Hukum dan Perpajakan".

Di dalam survei tersebut terungkap bahwa responden memilih TNI sebagai lembaga negara dengan tingkat kepercayaan tertinggi. 

Sebanyak 72,3 persen mengaku cukup percaya, sedangkan 23,5 persen mengaku sangat percaya terhadap TNI. Sementara itu, hanya 3,5 persen responden yang mengaku kurang percaya dengan TNI.

"TNI merupakan lembaga yang paling dipercaya publik, karena TNI berhasil menarik diri dari urusan politik praktis. Itulah yang membuat TNI pulih, khususnya dari masa reformasi," jelas Peneliti Utama Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, dalam acara Pemaparan Rilis Survei Nasional Indikator secara daring, Minggu (2/7/2023). 

"Belakangan, reformasi militer memberikan intensif kepercayaan publik," imbuhnya.

Baca Juga: Indikator: Masih Ada Publik yang Enggan Bayar Pajak karena Rafael Alun, Minta Koruptor Dihukum Berat

Di bawah TNI, Presiden menempati urutan kedua dengan 71,5 publik memilih cukup percaya, sedangkan 21,3 lainnya mengaku sangat percaya.

Hanya 6,6 persen responden yang mengaku kurang percaya dan 0,3 yang memilih sangat tidak percaya dengan Presiden.

Selanjutnya, Kejaksaan Agung menempati urutan ketiga sebagai lembaga negara yang dipercaya publik. Ada 71,5 publik memilih cukup percaya dan 9,7 yang mengaku sangat percaya.

"Kejaksaan Agung menempati ‘trust’ paling tinggi dalam sejarah, biasanya mereka di kisaran 60-an, tetapi baru ini menempati angka 81 persen," terang Burhanuddin.

Kemudian, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menempati urutan keempat dengan tingkat kepecayaan mencapai 76 persen, yang terdiri dari 65,6 persen mengaku cukup percaya dan 10,8 sangat percaya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x