Kompas TV nasional politik

Ketua DPRD DKI Jakarta Sebut Tak Ada Unsur Politisasi dalam Renovasi JIS: Enggak Ada Urusan ke Situ

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 11:34 WIB
ketua-dprd-dki-jakarta-sebut-tak-ada-unsur-politisasi-dalam-renovasi-jis-enggak-ada-urusan-ke-situ
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi memberikan keterangan usai diperiksa KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/4/2023). (Sumber: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendukung langkah pemerintah pusat dan PSSI yang akan melakukan renovasi Jakarta Internasional Stadium (JIS). 

Ia menilai, tak ada unsur politisasi dalam rencana renovasi tersebut. Sebab ini merupakan upaya dari pemerintah pusat dalam rangka memenuhi standar FIFA menyongsong perhelatan Piala Dunia U-17. 

"Pemerintah pusat mau bantu itu ya enggak ada salahnya. Kalau dimasukkan ke ranah politik, ya enggak lah," kata Prasetyo seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/7/2023). 

Menurut Prasetyo, rencana perbaikan stadion itu murni kepentingan kegiatan Piala Dunia U-17. 

Baca Juga: Erick Thohir Bantah Renovasi JIS Butuh Dana Rp5 Triliun

Diharapkan Indonesia semakin siap menjadi tuan rumah piala dunia dan memiliki stadion yang layak untuk dipergunakan. 

"Kan karena kita mau ada Piala Dunia U-17. Kita sebagai masyarakat Jakarta harusnya melihat lebih besar. Jangan mentang-mentang ini tahun politik, lalu dimasukkan ke ranah politik. Enggak ada urusan ke situ," ujarnya. 

Selain itu, ia berharap stadion yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu bisa dipakai sebagai fasilitas olahraga, bukan hanya untuk konser musik. 

"Bukan apa-apa, sekali lagi. JIS dibangun itu untuk kepentingan olahraga, bukan untuk kepentingan pesta-pesta musik besar," kata politikus PDIP itu, 

"Dengan anggaran yang besar, kalau tidak dimanfaatkan dengan kegiatan yang baik akan rugi. Dari mana mengembalikan uang PMD (penyertaan modal daerah) itu?" katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersuara menanggapi tudingan adanya politisisasi terhadap JIS.

Erick Thohir menegaskan pihaknya bersama pemerintah secara serius berusaha menjadikan JIS stadion piala dunia U-17 2023.

Oleh sebab itu, perbaikan harus dilakukan agar JIS bisa lolos inspeksi untuk menjadi salah satu venue gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Pernyataan Erick ini menepis tudingan politisasi di balik rencana renovasi JIS sebagai stadion untuk Piala Dunia U1-7.


“Kalau JIS dikaitkan dengan isu politik kebalik dong. Justru pemerintah ini mau merenovasi 22 stadion untuk standar internasional dan FIFA,” katanya, Kamis (6/7/2023).

Baca Juga: Waketum PAN: Pendukung Anies Seharusnya Terima Kasih ke Erick Thohir karena JIS akan Direnovasi

Ia mengatakan ada enam atau delapan lapangan yang mau diajukan untuk Piala Dunia U-17, dan itu termasuk JIS.

“Tapi sebelum diajukan kan kita harus perbaiki kualitasnya. Stadion GBK waktu diajukan sebagai lokasi Asian Games pun rumputnya diperbaiki total dan ada perbaikan akses. Ini (JIS) juga sama,” katanya.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x