Kompas TV nasional humaniora

Siswa SMAN 3 Semarang Diterima di 21 Kampus Luar Negeri, Tertarik Geografi dan Idolakan Ridwan Kamil

Kompas.tv - 7 Juli 2023, 18:34 WIB
siswa-sman-3-semarang-diterima-di-21-kampus-luar-negeri-tertarik-geografi-dan-idolakan-ridwan-kamil
Seorang alumni SMA Negeri 3 Semarang, Maulana Fatahillah Adzima ditemui di SMAN 3 Semarang, Kamis (6/7/2023). (Sumber: KOMPAS.COM/Titis Anis Fauziyah)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

SEMARANG, KOMPAS.TV - Siswa lulusan SMA Negeri 3 Semarang, Maulana Fatahillah Adzima mendadak dikenal karena ia berhasil diterima di 21 kampus luar negeri.

Berkat pencapaiannya di berbagai ajang olimpiade sains, Maulana terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa Indonesia Maju dari ribuan pendaftar lainnya di Indonesia. 

"Saya mulai menjadi awardee beasiswa Indonesia Maju itu 2022. Kemudian saya menjalani berbagai persiapan, mulai tes IELTS, tes IT, dan juga persiapan menulis esai untuk melamar ke berbagai universitas," katanya. 

"Tips dari saya, belajar IELTS tidak harus mengejar skor tinggi, tapi menyesuaikan kebutuhan yang disyaratkan masing-masing kampus," ujarnya. 

Ia mengaku sudah mulai mendaftarkan diri ke banyak universitas sejak November 2022 lalu.

LoA (Letter of Acceptance) atau Surat Penerimaan pertama diterimanya pada Januari 2023, dan hingga saat ini Maul telah menerima total 27 LoA. Beberapa universitas bahkan menerimanya di tiga program studi sekaligus.

Misalnya di Wageningen University di Belanda, ia diterima di jurusan Food Technology, Environmental Sciences, dan Marine Science.

Di antara 8 negara yang memberinya LoA, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Australia, Singapura, Inggris, Bulgaria, Spanyol, dan Belanda. 

Baca Juga: Siswa Papua Jawab Cepat Kuis Matematika, Bikin Jokowi Takjub dan Heran

Namun pada akhirnya Maulana yang mendapat surat penerimaan atau Letter of Acceptance (LoA) dari 27 jurusan di berbagai kampus itu memutuskan untuk melanjutkan studi sarjananya di University of California (UC) Berkeley, Amerika Serikat. 

"Saya mendapatkan LoA dari UC Berkeley yang mana ini merupakan dream university saya. Universitas yang saya dambakan karena memiliki program teknik sipil, salah satu terbaik dengan peringkat ketiga di dunia dan over all UC Berkeley menduduki peringkat 10 dunia," ungkap Maulana. 

Anak keempat dari lima bersaudara ini mengaku sejak dulu menyukai geografi dan kebumian.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x