Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Indikator Terbaru: Elektabilitas Prabowo 36,8 Persen, Ganjar 35,7 Persen, Anies 21,5 Persen

Kompas.tv - 23 Juli 2023, 22:34 WIB
survei-indikator-terbaru-elektabilitas-prabowo-36-8-persen-ganjar-35-7-persen-anies-21-5-persen
Survei Indikator Politik Indonesia terkait Capres 2024, elektabilitas Prabowo Subianto tertinggi, di atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, nama Prabowo Subianto menjadi calon presiden (capres) dengan elektabilitas paling tinggi, di atas dari dua nama capres lain, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Pada Minggu (23/7/2023), lembaga survei Indikator Politik Indonesia kembali merilis hasil survei terbarunya yang menyoroti tingkat elektabilitas para sosok yang berpotensi maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut, peneliti utama Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi, menjelaskan pihaknya telah melakukan survei dengan beberapa simulasi. 

Salah satunya adalah simulasi tertutup yang melibatkan 10 nama calon presiden. Hasilnya menunjukkan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi paling atas dalam tingkat elektabilitasnya.

"Di simulasi 10 nama tertutup Prabowo teratas dengan 33,5 persen, kemudian Ganjar 32,8 persen, Anies 17,8 persen, lalu Ridwan Kamil 4,2 persen," kata Burhanuddin saat menyampaikan hasil survei secara daring, Minggu.

Dari simulasi 10 nama tersebut, terdapat beberapa nama yang juga dimasukkan dalam hasil survei di antaranya, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hingga beberapa ketua umum partai politik.

Hanya saja, elektabilitas beberapa nama yang ada perolehannya masih rendah, hanya di bawah 2,0 persen.

"Nama lain seperti Sandiaga Salahuddin Uno, Erick Thohir, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono AHY hingga Muhaimin Iskandar kurang dari 2 persen. Sementara sekitar 7,6 persen belum menunjukkan pilihan," jelasnya.

Pada simulasi selanjutnya ketika dikerucutkan menjadi tiga nama, Prabowo kembali menjadi capres yang menempati elektabilitas teratas dengan 36,8 persen.

Ketua Umum Partai Gerindra itu unggul dari Ganjar yang memiliki elektabilitas dengan 35,7 persen serta Anies dengan 21,5 persen.

Baca Juga: Berikut Hasil Survei soal Siapa Sosok Bacapres yang Banjir Dukungan dari Pemilih Muda



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x