Kompas TV nasional peristiwa

Anggota Komisi I DPR Ungkap Tiga Nama Calon Pengganti KSAD Dudung Abdurachman, Ada Menantu Luhut

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 08:01 WIB
anggota-komisi-i-dpr-ungkap-tiga-nama-calon-pengganti-ksad-dudung-abdurachman-ada-menantu-luhut
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memberikan keterangan pers seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD tahun 2023 yang digelar di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Kompas TV)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman akan memasuki pensiun pada 19 November tahun ini. Muncul tiga nama yang disebut-sebut mumpuni untuk mengganti Dudung.    

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menilai, tiga kandidat pengganti Dudung yang mumpuni itu adalah Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (Akmil 1989), Pangkostrad Letjen TNi Maruli Simanjuntak (Akmil 1992), dan Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto (Akmil 1991).


"Ada sejumlah nama yang beredar dan mereka itu semua adalah perwira yang mumpuni dalam menjalankan tugas dalam tubuh TNI," ujar Dave, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga: KSAD dan Panglima TNI Pensiun Akhir Tahun, Ini Kandidat yang Berpeluang Gantikan Dudung dan Yudo

Meski begitu, Dave mengingatkan bahwa jabatan KSAD memiliki tugas yang besar. Selain itu, KSAD juga memiliki tanggung jawab untuk membina prajurit TNI hingga merawat alutsista.

"Siapa pun itu yang ditugaskan untuk menjabat sebagai KSAD, memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam mengemban tugas dan tanggung jawab membina prajurit, memelihara alutsista serta memodernisasi sistem TNI AD," kata Politisi Fraksi Partai Golkar ini, dikutip dari dpr.go.id.

Baca Juga: Kronologi Penusukan Pengamen Berujung Tewas oleh Anggota TNI AD di Senen Jakarta Pusat

Dari ketiga nama calon yang disebutkan, Maruli Simanjuntak punya hubungan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, yaitu sebagai menantu. Anak perempuan Luhut, Paulina Panjaitan, dinikahi oleh Maruli pada 1999 silam.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x