Kompas TV nasional peristiwa

Ini 3 Negara Pengirim Jemaah Haji Terbanyak Tahun 2023, Indonesia Raih Penghargaan Nomer 1

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 00:13 WIB
ini-3-negara-pengirim-jemaah-haji-terbanyak-tahun-2023-indonesia-raih-penghargaan-nomer-1
Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Abdul Fattah Mashat, memberikan penghargaan tersebut kepada Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Nasrullah Jasam, di Jeddah pada Minggu, 30 Juli 2023. (Sumber: Kemenag RI)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JEDDAH, KOMPAS.TV - Tiga negara, yakni Indonesia, Pakistan, dan Bangladesh dinobatkan sebagai negara pengirim jemaah haji terbanyak pada tahun 2023.

Pemerintah Arab Saudi pun memberikan penghargaan kepada Indonesia sebagai negara pengirim jemaah haji terbanyak tahun ini.

Indonesia mengirimkan setidaknya 229 ribu jemaah haji yang terdiri dari 221 ribu kuota awal dan 8 ribu kuota tambahan dari Pemerintah Arab Saudi.

Wakil Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Abdul Fattah Mashat, memberikan penghargaan tersebut kepada Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Nasrullah Jasam, di Jeddah pada Minggu, 30 Juli 2023.

"Indonesia, Pakistan, dan Banglades, sebagai representasi negara pengirim jemaah terbesar, mendapat apresiasi. Saya hadir mewakili Indonesia,” terang Nasrullah di Jeddah, Minggu (30/7/2023).

Nasrullah menerangkan, jemaah haji dari Pakistan berjumlah sekitar 179 ribu orang, sedangkan Bangladesh mengirimkan sekitar 127 orang tahun 2023 ini.

Baca Juga: Operasional Haji Indonesia di Makkah Berakhir: Ada 2 Ribu Lebih Jemaah Diberangkatkan ke Madinah

Ia menjelaskan, apresiasi dari Pemerintah Arab Saudi itu merupakan bentuk penghargaan atas kerja sama dalam proses pelayanan jemaah haji, terutama selama masa kedatangan dan kepulangan jemaah. 

“Jadi ini khususnya terkait dengan pelayanan di Jeddah, atas sinergi pelayanan dengan GACA, Wukala, Keamanan Bandara, termasuk dalam proses layanan fast track, dan program lainnya,” ujarnya.

Nasrullah menambahkan, pada tahun 2022 Indonesia juga mendapat penghargaan yang sama. 

Saat itu, penghargaan diberikan kepada Indonesia, Pakistan, dan India. 

“Tahun ini, Indonesia kembali mendapat penghargaan, bersama Pakistan dan Bangladesh,” tegasnya.

Operasional ibadah haji Indonesia saat ini, Selasa (1/8/2023) masih berlangsung. 

Berdasarkan Data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) per 1 Agustus 2023 petang, sudah ada 209.782 jemaah haji Indonesia yang pulang ke Tanah Air yang tergabung dalam 558 kelompok terbang (kloter). 

Baca Juga: Di Balik Kepulangan Jemaah Haji Indonesia dari Madinah, Petugas Siapkan Paspor hingga Boarding Pass

Sementara itu, tercatat ada 764 jemaah haji yang meninggal dunia sejak keberangkatan hingga Selasa (1/8/2023) pukul 19.00 WIB.

Saat ini, kepulangan jemaah haji Indonesia memasuki gelombang kedua yang artinya jemaah dipulangkan dari Kota Madinah, Arab Saudi ke Tanah Air.

“Kloter terakhir dari Madinah akan terbang pada 4 Agustus 2023 dan itu sekaligus menandai berakhirnya operasional haji Indonesia tahun ini,” pungkas Nasrullah dilansir dari laman Kemenag RI.


 



Sumber : Kompas TV/Kemenag RI



BERITA LAINNYA



Close Ads x