Kompas TV nasional peristiwa

Serahkan Pesawat Hercules ke TNI AU, Wamenhan: Kami Ganti Semua Alutsista yang Usang dengan Baru

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 14:17 WIB
serahkan-pesawat-hercules-ke-tni-au-wamenhan-kami-ganti-semua-alutsista-yang-usang-dengan-baru
Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra serahkan pesawat C-130J Super Hercules ke TNI Angkatan Udara (AU) Selasa (15/8/2023) di Lanud Halim Perdanakusuma. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia menyerahkan pesawat C-130J Super Hercules ke Tentara Nasional RI (TNI) Angkatan Udara (AU) hari ini, Selasa (15/8/2023). 

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Muhammad Herindra menyebut, pesawat C-130J merupakan yang ketiga dari lima pesawat Hercules yang dibeli pemerintah. 

Acara serah terima dilakukan di Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (15/8/2023)

Herinda menerangkan, pesawat hercules ketiga yang diserahkan kepada TNI AU itu baru saja datang dari Amerika Serikat.

"Ada lima buah, nanti mungkin 20 lagi insyaallah semuanya akan hadir," terangnya kepada wartawan, Selasa (15/8/2023) dipantau dari Breaking News, Kompas TV.

"Ini adalah bukti komitmen dari Menteri Pertahanan Bapak Prabowo Subianto untuk selalu meningkatkan kekuatan alutsista (alat utama sistem persenjataan) kita," jelasnya.

Baca Juga: Didukung 4 Parpol di Pilpres 2024, Prabowo Janji Teruskan Program Jokowi dan Hapus Kemiskinan

Ia mengklaim, pesawat C-130J Super Hercules ini sebagai seris terbaru.

"Sangat canggih dan mudah-mudahan ke depan kita akan terus mendapatkan alutsista yang terbaik demi menjaga kedaulatan negara RI," ujarnya.

Herindra menerangkan, pihaknya akan terus memodernisasi alutsista TNI AU, terutama pesawat Hercules yang kini banyak yang usang.

"Hercules kita akan terus memperkuat memodernisasi seluruh alutsista kita. Sementara, kita baru ada anggaran untuk lima (pesawat), tapi ke depannya kami akan mengganti semua alutsista yang sudah usang dengan alutsista yang baru," tegasnya.

Sebelumnya, sebelum momen penyerahan pesawat C-130J Super Hercules itu, Herindra melakukan prosesi menyiramkan air bunga ke moncong pesawat dan memecahkan kendi.

Ia kemudian menyerahkan miniatur kunci ke Marsekal Madya TNI AU Agustinus Gustaf Brugman sebagai tanda Kemenhan resmi menyerahkan pesawat C-130J Super Hercules kepada TNI AU.

Baca Juga: Tips Kurangi Risiko Koper Nyasar Saat Naik Pesawat, Agar Tak Bernasib Seperti Kaesang


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x