Kompas TV nasional peristiwa

Link Live Streaming Pidato Jokowi terkait RAPBN 2024, Bakal Ada Kenaikan Gaji PNS?

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 12:18 WIB
link-live-streaming-pidato-jokowi-terkait-rapbn-2024-bakal-ada-kenaikan-gaji-pns
Foto Arsip.  Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan tentang RAPBN 2024 beserta nota keuangannya pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 siang ini, Rabu (16/8/2023) pukul 13.00 WIB. (Sumber: Setkab.go.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Pidato tersebut akan disampaikan pada Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024 siang ini, Rabu (16/8/2023) pukul 13.00 WIB nanti.

Diketahui, dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga bakal mengumumkan adanya kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Adapun hal tersebut sempat diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pada beberapa waktu sebelumnya.

Sri Mulyani mengatakan, Presiden Jokowi akan mengumumkan kenaikan gaji PNS saat menyampaikan RAPBN 2024 di parlemen.

"Bapak Presiden nanti akan sampaikan RUU APBN 2024 ya pada tanggal 16 Agustus. Salah satu yang sedang kita hitung secara serius, detail adalah kenaikan gaji ASN, TNI, Polri dan pensiunan. Jadi supaya enak dan tegang terus, (tunggu) tanggal 16 Agustus (pidato) Pak Presiden," kata Sri Mulyani, Selasa (30/5).

Baca Juga: Terakhir Naik Gaji 2019, Segini Gaji Pokok dan Tunjangan PNS Saat Ini

Sebelumnya seperti melansir pemberitaan Kompas.tv, MenPANRB Azwar Anas mengusulkan agar gaji PNS dinaikkan. Ia menyampaikan, usulan kenaikan gaji itu merupakan bagian dari rencana perubahan rumusan besaran pemberian tunjangan kinerja (tukin) PNS.

Pemerintah berencana melakukan penyesuaian terhadap besaran tukin, sehingga besaran gaji diusulkan naik.

"Kita mengusulkan ada gaji (PNS) yang agak dinaikkan. Ini sedang dibahas dengan menteri keuangan," ujar dia dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran 2023, di Jakarta, Rabu (17/5) lalu.


Sebagai informasi, saat ini, besaran gaji pokok PNS diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019. 

Kenaikan gaji PNS ini dirasa perlu untuk peningkatan kinerja para abdi negara. Lantaran, terakhir kali PNS naik gaji adalah tahun 2019 sebesar 5% dari gaji sebelumnya.

Link Live Streaming Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Berikut Kompas.tv hadirkan link live streaming Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2023-2024:

>>> KLIK LINK INI <<<

Baca Juga: Jokowi Umumkan Kepastian Gaji PNS Naik Hari Ini

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x