Kompas TV nasional peristiwa

Saat Anies dan AHY Nonton Wayang Kulit di Kantor DPP PKS: Tontonan Berisi Tuntunan

Kompas.tv - 28 Agustus 2023, 05:45 WIB
saat-anies-dan-ahy-nonton-wayang-kulit-di-kantor-dpp-pks-tontonan-berisi-tuntunan
(Dari kiri ke kanan) Bakal capres Anies Baswedan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dalam acara pagelaran wayang kulit di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bakal calon presiden (bacapres) RI usungan Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, menonton pertunjukan wayang kulit dengan lakon Parikesit Jumeneng Ratu, Minggu (27/8/2023) malam.

Pertunjukan wayang kulit tersebut digelar di kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Anies, pagelaran wayang kulit merupakan sebuah tontonan yang berisi tuntunan.

“Pagelaran wayang kulit yang malam hari ini diselenggarakan di PKS untuk kesekian kalinya, adalah sebuah tontonan yang berisikan tuntunan,” tuturnya, seperti dilaporkan tim liputan KOMPAS TV.

Anies berpendapat hal yang menarik dari wayang kulit adalah tuntunan yang ada karena penonton diajak untuk belajar dari karakter tokoh pewayangan.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Ganjar, Prabowo dan Anies Bersaing Ketat

“Inilah yang menarik dari sebuah pagelaran wayang kulit, di mana di sana kita diajak untuk mengikuti dongeng, yang dongeng ini menggambarkan karakter-karakter.”

“Karakter-karakter ini sebagai bagian dari pembelajaran dan dongengnya yang disampaikannya pun adalah bagian dari pembelajaran,” tegasnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, menonton wayang kulit selalu menjadi kesempatan untuk merefleksikan cerita dalam lakon yang dimainkan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x