Kompas TV nasional politik

Berbicara di UI, Anies Singgung Konoha dan Wakanda: Ini Menunjukkan Ada Self-Censorship

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 12:47 WIB
berbicara-di-ui-anies-singgung-konoha-dan-wakanda-ini-menunjukkan-ada-self-censorship
Bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, berbicara dalam Kuliah Kebangsaan Fisip UI di Depok, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Iman Firdaus

DEPOK, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menyinggung soal Konoha dan Wakanda saat berbicara dalam Kuliah Kebangsaan Fisip UI di Depok, Jawa Barat, Selasa (29/8/2023).

Sebagai informasi, Konoha merupakan nama desa ninja dalam serial anime Naruto. Sedangkan Wakanda adalah negara fiksi dalam komik terbitan Marvel Comics.

Anies awalnya menyinggung soal kebebasan berekspresi dalam demokrasi. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan demokrasi bukan hanya soal pemilu. Tapi mengenai nilai-nilai yang tumbuh di masyarakat.

Dalam suatu demokrasi, sambung Anies, aspirasi diproses melalui proses politik tanpa ada rasa takut dan tekanan, yang kemudian menjadi keputusan-keputusan yang dilaksanakan dalam kedamaian.

"Ini yang sekarang sering kali menjadi masalah. Karena kita menyaksikan di sosial media, banyak sekali yang kalau mau menulis itu nyebutnya Konoha. Wakanda gitu," tuturnya dipantau dari tayangan Breaking News KOMPAS TV.

"Ini menunjukkan ada self-censorship."

Baca Juga: Anies Singgung soal Kebebasan Berpendapat di Kuliah Kebangsaan FISIP UI, Sebut ‘Konoha-Wakanda’

Ia lalu bercerita saat ada yang menyebut kota yang polusinya paling buruk namanya Lahore dan mengkritik kota tersebut habis-habisan.

"Ini tanda-tanda yang tidak sehat," ujar Anies.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x