Kompas TV nasional peristiwa

Menkes Sebut Indonesia akan Tiru Cara China dalam Menangani Masalah Polusi Udara di Jabodetabek

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 13:09 WIB
menkes-sebut-indonesia-akan-tiru-cara-china-dalam-menangani-masalah-polusi-udara-di-jabodetabek
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube DPR RI). Budi Gunadi menyebut, Pemerintah Indonesia akan meniru cara kebijakan di China dalam menangani masalah polusi udara di wilayah Jabodetabek. 
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, Pemerintah Indonesia akan meniru cara kebijakan di China dalam menangani masalah polusi udara di wilayah Jabodetabek. 

Ia mengaku telah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan menerapkan cara seperti di China tersebut. 

"Ini sudah kita kirim ke kantor Presiden biar bisa kita tiru saja lah cara (China mengatasi polusi udara) ini," kata Budi Gunadi dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/8/2023). 

Baca Juga: Luhut Lagi, Kali Ini Jokowi Tunjuk untuk Tangani Polusi Udara Jabodetabek

Ia mengatakan, Pemerintah China telah berhasil menurunkan tingkat polusi di Negeri Tirai Bambu dalam kurun waktu 7 tahun terakhir. 

"China itu bisa nurunin polusi 6-7 tahun. Sesudah kita studi, China paling cepet nurunin polusi untuk Beijing Olympic supaya acaranya nggak dibully dan berhasil turun dalam 6-7 tahun. Itu the best in the world," ujarnya. 

Ia menjelaskan, upaya yang dilakukan China itu seperti memasang alat pemantauan kualitas udara di setiap titik. 

Sehingga, ketika mengetahui daerah tertentu terpantau tingkat polusinya tinggi, mereka akan segera mencari tahu akar masalahnya. 

"Mereka pasang 1.000 alat monitor dengan kualitas sedang tapi nggak mahal yang penting jangkauannya bagus. Kalau kondisi udara jelek, mereka kan kirim mobil untuk cari sumbernya," katanya.


"Mereka bisa melakukan intervensi yang tepat. Mereka juga jadi tahu sumbernya regional atau lokal," ujar Menkes.

Selain meniru langkah China, lanjut Budi Gunadi, pihaknya juga akan menguatkan infrastruktur kesehatan di tingkat bawah, seperti di puskesmas -puskesmas yang tersebar di berbagai kecamatan. 

"Kita kesehatan itu pegangnya di hilir jadi kita pegangnya di ujung bawah," jelas dia.

Baca Juga: Kemenkes Ungkap 6 Penyakit yang Berkaitan dengan Polusi Udara, Kasus ISPA Meningkat

Adapaun, rapat dipimpin langsung Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

"Penjelasan terkait strategi dan langkah strategis yang diambil dalam pencegahan dan penanganan dampak dari polusi udara terhadap kesehatan," sambung Felly Runtuwene. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x