Kompas TV nasional politik

Jokowi Sebut Tak Bahas Duet Anies-Cak Imin saat Bertemu Surya Paloh: Pertemuan Biasa

Kompas.tv - 1 September 2023, 10:51 WIB
jokowi-sebut-tak-bahas-duet-anies-cak-imin-saat-bertemu-surya-paloh-pertemuan-biasa
Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/8/2023) kemarin. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV/Isnaya)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan terkait pertemuannya dengan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Istana Negara Jakarta, Kamis (31/8/2023) kemarin.

Kepala Negara menyebut hal itu merupakan pertemuan biasa. Ia juga mengeklaim tidak ada pembahasan ihwal duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di kontestasi Pilpres 2024.

"Ya pertemuan biasa, pertemuan biasa, ya memang bertemu, ya pertemuan biasa," kat Jokowi di sela peninjauan persiapan KTT ASEAN 2023 di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat.

"Nggak ada sama sekali (bahas duet Anies-Cak Imin), nggak ada," imbuhnya, dipantau dari program Breaking News KompasTV.

Dalam kesempatan itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menanggapi terkait keretakan koalisi Partai NasDem dan Partai Demokrat pendukung Anies Baswedan.

Jokowi menegaskan dinamika politik menjelang pilpres bukan urusan presiden melainkan kewenangan pimpinan partai.

"Itu urusannya ketua-ketua partai. Urusannya partai, bukan urusan Presiden," ujarnya menegaskan.

Baca Juga: Demokrat Nilai Duet Anies-Muhaimin Keputusan Sepihak, Surya Paloh: Harapan Kita ke Arah Positif

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mengungkap isi pertemuannya dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (31/8) kemarin.

Ia menyebut pertemuan tersebut membicarakan soal keadaan politik belakangan yang relatif tenang.

"Ya saya ngobrol sama teman (Presiden Jokowi) sudah lama nggak jumpa. Ada (ngobrol politik), bagaimana suasana keadaan politik, bilang kita bersyukur, suasana tenang," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis.


Paloh tak menampik pertanyaan awak media mengenai pertemuan itu turut membahas rencana duet Anies-Cak Imin.

"Bermacam-macam soal kita bahas bersama, dalam suasana yang mungkin karena sudah berapa waktu enggak ketemu, ya suasana hangat lah ya," ungkapnya.

Adapun Surya Paloh menyampaikan dirinya menyerahkan rencana menduetkan Anies Baswedan dengan Cak Imin kepada partai koalisi.

"Saya serahkan kepada tentu pembahasan dari kawan-kawan, beberapa teman-teman ya. Apakah itu dilakukan? Kalaupun itu dilakukan, di mana? Kapan waktunya? Saya pikir mungkin progres ini akan berjalan cukup cepat, kita lihat perkembangan besok barangkali," ucap Surya Paloh.

Baca Juga: PKB Sambut Baik Tawaran Kerjasama NasDem Usung Anies-Cak Imin



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x