Kompas TV nasional rumah pemilu

Respons PKS soal Deklarasi Anies-Cak Imin: Kami Menghormati Keputusan Partai NasDem dan PKB

Kompas.tv - 2 September 2023, 17:18 WIB
respons-pks-soal-deklarasi-anies-cak-imin-kami-menghormati-keputusan-partai-nasdem-dan-pkb
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dalam konferensi pers, Sabtu (2/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu merespons deklarasi pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Sabtu (2/9/2023).

Ahmad Syaikhu mengucapkan selamat datang kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah bergabung ke dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

PKS juga menghormati keputusan Partai NasDem dan PKB yang telah mendeklarasikan pasangan Anies-Cak Imin untuk berlaga di pesta demokrasi 2024 mendatang.

Baca Juga: Deklarasi Anies-Cak Imin, Surya Paloh Ucapkan Selamat Tinggal Politik Cebong Kampret

Insyaallah ini akan semakin mengokohkan semangat untuk memenangkannya dan insyaallah kita semakin optimis untuk meraih kemenangan pada Pilpres 2024 untuk mewujudkan Indonesia yang adil sejahtera, dan bermartabat,” ujar Syaikhu dalam konferensi pers, Sabtu.

Syaikhu menjelaskan, dukungan PKS terhadap Anies Baswedan telah dibahas dalam Musyawarah Majelis Syura ke-8. Hal ini sesuai dengan anggaran dasar PKS yang mengatur soal kebijakan partai mengenai pilpres.

Untuk itu, dukungan terhadap Cak Imin sebagai bakal cawapres yang mendampingi Anies Baswedan akan dibahas pada Musyawarah Majelis Syura PKS selanjutnya.

“Rekomendasi nama Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres insyaallah akan diusulkan untuk dibahas pada Majelis Syura PKS,” jelas Syaikhu.


Baca Juga: Sejarah Hotel Majapahit, Dulu Ada Peristiwa Perobekan Bendera, Kini Tempat Deklarasi Anies-Cak Imin

Sementara itu, juru bicara PKS Al Muzammil Yusuf menjelaskan bahwa mekanisme tersebut memang telah dilakukan sejak lama, bukan untuk bakal capres dan cawapres saat ini.

“Mekanisme di dalam PKS itu adalah keputusan penting tentang capres atau cawapres, bukan saja masa sekarang, pada capres cawapres yang lalu juga begitu, kita bawa ke Majelis Syura,” jelas Muzammil.

“Kapan waktunya, dalam waktu dekat, kalau sudah fix nanti kita sampaikan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, deklarasi Anies-Cak Imin digelar di Hotel Majapahit, Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/9) siang. Perwakilan PKS tak hadir dalam acara tersebut.

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x