Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo dan Ketum Koalisi Indonesia Maju Kumpul di Markas Golkar Malam Ini, Bahas Bakal Cawapres?

Kompas.tv - 14 September 2023, 14:43 WIB
prabowo-dan-ketum-koalisi-indonesia-maju-kumpul-di-markas-golkar-malam-ini-bahas-bakal-cawapres
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menyampaikan laporan pada peresmian Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Lapangan Bela Negara, Kementerian Pertahanan, Jakarta (9/11/2021). (Sumber: BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN/LUKAS)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Seluruh ketua umum (ketum) partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan kumpul di DPP Partai Golkar pada Kamis (14/9/2023) malam. 

Adapun, yang akan menghadiri kegiatan itu adalah Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta.

"Jam 19.00 WIB, insyaallah hadir (semua ketum KIM), ada PAN, Golkar, Gerindra, PBBB, Gelora hadir, (Prabowo) hadir insyaallah," kata Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto di gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Pengamat: Pergantian Nama KKIR jadi Koalisi Indonesia Maju Awal PKB Mengikat Hati ke Nasdem

Yandri mengatakan pertemuan tersebut bakal membahas langkah-langkah KIM untuk memenangkan Pilpres 2024. Terlebih, waktu pendaftaran pasangan bakal capres-cawapres akan dimajukan jadi 10 hingga 16 Oktober 2023.

"Ya pasti, pastilah namanya koalisi pilpres pasti," kata Yandri.

Namun, Yandri mengaku belum bisa memastikan pertemuan tersebut akan membahas secara khusus bakal cawapres Prabowo Subianto. Sebab, itu belum pernah dibahas secara resmi.


"Bakal cawapresnya Pak Prabowo belum dibahas secara resmi," kata Yandri.

Saat ini, kata Yandri, nama bacawapres Prabowo yang muncul, antara lain Airlangga Hartarto dari Golkar, Menteri BUMN Erick Thohir dari PAN dan Yusril Ihza Mahendra dari PBB. 

Meskipun demikian, kata Yandri, tidak tertutup kemungkinan muncul nama-nama bacawapres di luar tiga nama tersebut, seperti Ridwan Kamil yang merupakan Waketum Golkar.

Baca Juga: Gerindra Beberkan Isi Pembicaraan Prabowo dan Ridwan Kamil Semalam

"Untuk posisi cawapres belum dibahas di koalisi Pak Prabowo, tetapi kan sudah tahu semua kalau PAN mengajukan Pak Erick Thohir, Golkar mengajukan Pak Airlangga, nggak tahu juga ada nama lain, ini belum di-formalkan, nanti malam akan ada pertemuan di Golkar," kata Yandri. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x