Kompas TV nasional rumah pemilu

Tim 8 Koalisi Perubahan Dibubarkan Gantinya Baja Amin, Ini Tugasnya

Kompas.tv - 22 September 2023, 17:51 WIB
tim-8-koalisi-perubahan-dibubarkan-gantinya-baja-amin-ini-tugasnya
Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan saat memberikan keterangan pers di Jalan Brawijaya no 10, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koalisi Perubahan untuk persatuan telah membubarkan tim delapan yang sebelumnya bertugas menyaring kandidat bakal cawapres Anies Baswedan.

Sebagai pengganti tim delapan, Koalisi Perubahan membentuk Badan Pekerja Anies-Muhaimin yang disingkan menjadi Baja Amin.

Bakal Capres Anies Baswedan menjelaskan anggota Baja Amin berasal partai pengusung dan pendukung, serta perwakilan dari bakal Capres dan Cawapres. 

Jumlah anggota Baja Amin yakni 15 orang yang terdiri dari tiga orang dari Partai Nasdem, tiga orang dari PKS, dan tiga orang dari PKB. Lalu, tiga orang dari calon presiden, dan tiga orang dari calon wakil presiden.

Menurut Anies,  Baja Amin nantinya menjadi badan yang melakukan sinkronisasi, konsolidasi antar unsur dalam koalisi. Sekaligus sebagai juru bicara dan humas tim pemenangan Anies-Muhaimin. 

Baca Juga: Anies-Muhaimin Bentuk BAJA AMIN, Gantikan Peran Tim 8 Koalisi Perubahan, Berikut Anggotanya

"Ini menggantikan peran yang kemarin dikerjakan tim delapan. Dengan adanya Baja Amin ini maka semua komunikasi bisa lewat Baja Amin karena mereka semua mewakili masing-masing pihak di internal maupun eksternal," ujar Anies di Sekretariat Pemenangan di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Jumat (22/9/2023).

Anies menambahkan Baja Amin ini bukan sebagai tim pemenangan di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya tim pemenangan saat ini sedang di susun dan pada waktunya akan diumumkan. 

"Pada waktunya nanti tim pemenangan yang lengkap nanti akan diumumkan. Kita sudah siap tinggal memastikan seluruh unsur tuntas baru nanti kita umumkan," ujar Anies. 

Adapun anggota Baja Amin dari masing-masing partai yakni, dari Partai Nasdem Dossy Iskandar, Suyoto, dan Willy Aditya. 

PKS Rozaq Asyhari, Muzzammil Yusuf, dan Wibowo. Kemudian dari PKB Nihayatul Wafiroh, Syaiful Huda, dan Lukmanul Khakim.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x