Kompas TV nasional politik

Kaesang Dinilai Tak Cocok Jadi Anggota Biasa di PSI karena Punya Nama Besar

Kompas.tv - 24 September 2023, 08:58 WIB
kaesang-dinilai-tak-cocok-jadi-anggota-biasa-di-psi-karena-punya-nama-besar
Putra Bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menerima kartu tanda anggota (KTA) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari Ketua PSI Giring Ganesha, Sabtu (23/9/2023). (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengamat politik Adi Prayitno dan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Deddy Yevri Sitorus menilai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, tak cocok jadi anggota atau kader biasa di Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Adi mengatakan, Kaesang bisa menjadi ketua umum atau dewan pembina di PSI karena bisa meningkatkan suara legislatif PSI.

"Untuk jabatan, dewan pembina atau ketua umum partai, kalau hanya kader biasa, tidak sebanding dengan nama besarnya," kata Adi, Sabtu (23/9/2023).

Ia menyebut, lelaki lulusan Singapore University of Social Sciences (SUSS) dari jurusan Marketing peminatan komunikasi itu bisa meloloskan PSI ke Senayan pada pemilihan umum (Pemilu) 2024. 

Hasil pemilihan umum legislatif (Pileg) pada tahun 2019 menunjukkan, PSI mendapatkan 1,9 persen dari syarat empat persen ambang batas parlemen.

"Tinggal mencari dua persen, saya kira ada portofolio Kaesang, dan itu sangat mungkin," jelas Direktur Parameter Politik Indonesia itu.

Baca Juga: Gabung ke PSI Kaesang Tak Dapat Jabatan, Masih Anggota Biasa Belum Dapat Penugasan

Senada, Deddy menilai lelaki berusia 28 tahun itu punya nama besar sebagai anak presiden, sehingga kurang pantas apabila hanya menjadi anggota biasa.

"Kalau saya jujur aja, kalau Kaesang di PSI hanya jadi anggota, segede anak presiden, kurang pantas, lah," katanya menegaskan.

Menurut Deddy, Kaesang yang menamatkan pendidikan sarjananya pada 2019 lalu itu berpotensi langsung menduduki posisi sebagai Dewan Pembina PSI atau Sekretaris Dewan Pembina.

"Minimal Dewan Pembina, lah, biar cepat belajar, Sekretaris Dewan Pembina, dong," tegasnya.

"Ketua Umum mah di PSI kapan aja bisa diganti, nggak urus, minimal Dewan Pembina," imbuhnya, dilansir dari Antara.

Baca Juga: DPP PDI-P Tidak akan Minta Klarifikasi Jokowi soal Kaesang yang Gabung PSI

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi menjadi kader PSI. Kaesang menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI dengan nomor anggota S317420230151515.

Penyerahan KTA digelar di kediaman Kaesang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, hubungan persahabatan antara PSI dan Kaesang sudah terjalin cukup lama.

"Kami mengapresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI. Hari ini sebuah kegembiraan bagi kami semua, bisa menyambut anggota baru kami, Mas Kaesang," kata Grace.


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x