Kompas TV nasional peristiwa

Sebagian Kota Besar Cerah Berawan, Beberapa Hujan Ringan Hari Ini Selasa 26 September

Kompas.tv - 26 September 2023, 07:31 WIB
sebagian-kota-besar-cerah-berawan-beberapa-hujan-ringan-hari-ini-selasa-26-september
Ilustrasi cuaca cerah berawan sesuai prakiraan cuaca BMKG. (Sumber: Kompas TV/Ant/Ismar Patrizki)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis laporan terbaru mengenai kondisi cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia. Pada hari ini, Selasa (26/9/2023)  diperkirakan sebagian besar wilayah akan mengalami cuaca cerah berawan.

Kota-kota besar di Sumatera, seperti Banda Aceh, diperkirakan akan mengalami hujan ringan, sementara Medan berpotensi mendapatkan hujan petir. Jambi dan Palembang di Sumatera juga perlu mewaspadai potensi asap yang bisa menyelimuti wilayahnya.

Pulau Jawa punya prakiraan serupa, dengan mayoritas wilayahnya akan cerah berawan. Namun, Bandung perlu berhati-hati dengan potensi hujan ringan yang bisa turun di kota tersebut.

Baca Juga: BMKG Ungkap Musim Hujan di Sebagian Besar Wilayah Indonesia Datang Lebih Lambat

Di bagian timur, Denpasar dan Kupang diperkirakan akan mengalami cuaca cerah berawan, sedangkan Mataram mungkin akan sedikit lebih berawan. Kalimantan, khususnya Palangka Raya dan Banjarmasin, harus berwaspadai kemungkinan kabut asap, dengan Tanjung Selor yang berpotensi mendapatkan hujan sedang.

Untuk wilayah Sulawesi, cuacanya cukup kondusif dengan prakiraan cerah berawan. Namun, kawasan Ternate dan Ambon di timur Indonesia diprediksi akan mengalami kondisi berawan, dengan Manokwari dan Jayapura yang berpotensi menerima hujan ringan.

Menariknya, berdasarkan data BMKG,beberapa wilayah di Indonesia memiliki potensi tinggi terbakar. Wilayah tersebut adalah Sumatera Tengah dan Selatan, Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: BMKG Ungkap Prakiraan Awal Musim Hujan di Indonesia Mulai September 2023, Bertahap hingga 2024

Sebagian besar Kalimantan, kecuali Kalimantan Utara, dan sebagian besar Sulawesi, kecuali Sulawesi Barat dan Tengah, juga termasuk dalam kategori ini.


 

Terakhir, suhu udara di berbagai kota besar Indonesia diperkirakan berkisar antara 20 hingga 36 derajat Celcius. Adapun kelembaban udara diperkirakan berada dalam rentang 40 hingga 100 persen. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x