Kompas TV nasional rumah pemilu

PPP Akui Nama Khofifah Masuk dalam Bakal Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 29 September 2023, 13:53 WIB
ppp-akui-nama-khofifah-masuk-dalam-bakal-cawapres-ganjar-di-pilpres-2024
Wasekjen PPP Achmad Baidowi di Hotel Grand Sahid Jaya, Minggu (15/12/2019). (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi menyebut, sosok Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memang kerap dibahas oleh para ketua umum partai politik (parpol) untuk menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Ia mengaku akan mendukung bila Khofifah memang dipilih menjadi calon pendamping Ganjar, karena yang bersangkutan dahulu pernah menjadi bagian dalam keluarga PPP.

Hal itu dikatakan Awiek saat ditanya terkait pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto terkait sosok Mr X dan Mrs X yang disebut sebagai bakal cawapres Ganjar.

Baca Juga: Sekjen PDIP Sebut Hanya Ketum Parpol Pendukung Ganjar yang Diundang ke Rakernas PDIP

"Soal nama khofifah yang kemudian diasosiasikan, ya bisa saja. Bisa saja, karena memang Bu Khofifah pernah jadi anggota Fraksi PPP dan dua kali pilkada juga diusung PPP," kata pria yang karib disapa Awiek itu kepada wartawan, Kamis (28/9/2023).

Awiek juga tak menampik bila tokoh Mr X itu ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Awiek pun menyebut PPP juga memiliki kedekatan pula dengan mantan ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

"Sebenarnya sama-sama dekat, tapi yang pernah masuk PPP ya Ibu Khofifah, tapi Pak Mahfud kultur-nya juga PPP, kultur Nahdliyin. Nah, pemilih Nahdliyin itu menjadi pemilih terbesar di PPP karena sejarah pembentuk PPP itu berasal dari partai Islam," kata Awiek.

Meski begitu, ia menegaskan bahwa pihaknya tidak dalam posisi untuk menentukan sosok bakal cawapres tersebut.

Selain itu, kata Awiek, pihaknya tak akan mempersoalkan apabila nama Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) PPP Sandiaga Uno pada akhirnya tak dipasangkan dengan Ganjar.

"Misalkan, ada perubahan sikap politik ataupun berdasarkan realitas lapangan tidak memungkinkan untuk mengusung Pak Sandi ya kami bicaranya nanti tentu PPP akan realistis," kata Awiek.

"Setidaknya begini kalau PPP, kalau pun nanti ketemu orang yang beririsan dengan PPP ya mungkin bisa dipertimbangkan," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengaku dirinya tak mengetahui apakah sosok Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk ke dalam daftar bakal cawapres Ganjar Prabowo atau tidak. 

Ia menjelaskan, terkait nama bakal cawapres pembahasannya hanya di kalangan ketua umum (ketum) partai politik (parpol) pendukung Ganjar.


Mereka adalah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP Mardiono, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo. 

Baca Juga: Soal Khofifah Bakal Jadi Cawapres Ganjar, Hasto PDIP: hanya Bu Mega dan Ketum Parpol yang Tahu

"Ya, hanya Ibu Megawati yang tahu tapi dialog dengan para ketum parpol sudah dilakukan. Tugas kami mempersiapkan segala sesuatunya, narasinya, sekiranya si A seperti ini, si B seperti ini, si C seperti ini," kata Hasto kepada wartawan, Kamis (28/9/2023).

"Ya, setiap kami ke Jawa Timur kami kan sering bertemu dengan Ibu Khofifah menanyakan bagaimana hubungan antara seluruh elemen masyarakat di Jawa Timur, khususnya PDI Perjuangan," ujarnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x