Kompas TV nasional hukum

Polda Jateng Benarkan Kapolrestabes Semarang Diperiksa Polda Metro soal Kasus Pemerasan Pimpinan KPK

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 13:03 WIB
polda-jateng-benarkan-kapolrestabes-semarang-diperiksa-polda-metro-soal-kasus-pemerasan-pimpinan-kpk
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. Satake Bayu Setianto. (Sumber: ANTARA/I.C. Senjaya)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar dipanggil penyidik Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terhadap manta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kabid Humas Polda JawaTengah, Kombes Satake Bayu Setianto membenarkan ihwal adanya pemanggilan Kapolrestabes Semarang tersebut oleh Polda Metro Jaya.

Menurut Kombes Satake, pemanggilan itu sudah dipenuhi oleh Kombes Irwan beberapa hari lalu untuk mengikuti pemeriksaan di Polda Metro.

Baca Juga: KPK Respons Foto Pertemuan Firli dan Syahrul Yasin di Lapangan Badminton: Tunggu Proses

"Membenarkan yang bersangkutan memang ada panggilan ke Jakarta dalam Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan beberapa hari yang lalu," kata Satake dikutip dari video Kompas TV pada Selasa (10/10/2023).

Namun demikian, Satake mengaku tidak mengetahui mengenai hal apa pemeriksaan terhadap Kombes Irwan Anwar tersebut oleh penyidik Polda Metro. 

Kombes Satake hanya menyebutkan bahwa Kombes Irwan diperiksa untuk memberi keterangannya sebagai saksi.

"Soal keterkaitannya ya Polda Metro. Kita hanya membenarkan panggilan yang bersangkutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi. Kita menghadapkan yang bersangkutan ke Polda Metro," tutur Satake.

Menurut Satake, pemeriksaan Kombes Irwan Anwar sejauh ini tidak berpengaruh pada kinerja Polrestabes Semarang. 

Baca Juga: Soal Dugaan Pemerasan, Ketua KPK Firli Bahuri: Para Koruptor Bersatu Melakukan Serangan Balik

Polda Jawa Tengah, kata dia, mendukung penuh agar Kombes Irwan mengikuti proses pemeriksaan sebagaimana diminta oleh Polda Metro Jaya.

"Kalau pengaruh (di sini) sementara belum. Kalau yang bersangkutan ada pemeriksaan lanjutan, Polda memberi peluang itu. Kalau ada panggilan dipersilakan saja, men-support lah," ujar Satake.

Lebih lanjut, Satake mengatakan, pihaknya belum ada rencana penunjukan Kapolrestabes Semarang yang baru untuk menggantikan Irwan Anwar.

Mengingat, status Irwan di Polda Metro Jaya sejauh ini masih sebagai saksi, juga masih belum rampung diperiksa.

"Kalau ada (pemanggilan) lagi ya enggak masalah. Sementara belum (penunjukan kapolres baru) karena pemeriksaan sebagai saksi. Kita tidak tahu permasalahannya yang di sana," kata Satake.

Baca Juga: Firli dan Syahrul Yasin Limpo Bertemu di Lapangan, Eks Pimpinan KPK: Itu Pidana, Penjara 5 Tahun

Sebelumnya diberitakan, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar ikut diperiksa sebagai saksi untuk keperluan penyidikan kasus dugaan pemerasan Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan KPK.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, Irwan akan dipanggil kembali ke Polda Metro untuk dimintai keterangan di tahap penyidikan ini.

"Setelah tahap sidik ini, akan diagendakan pemanggilan terhadap yang bersangkutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi," kata Ade, Minggu (8/10/2023).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x