Kompas TV nasional politik

Hasil Survei, Erick Thohir Tempati Posisi Kedua untuk Dipilih Masyarakat Jabar Jadi Bacawapres

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 01:00 WIB
hasil-survei-erick-thohir-tempati-posisi-kedua-untuk-dipilih-masyarakat-jabar-jadi-bacawapres
Menteri BUMN Erick Thohir. Namanya menempati urutan kedua untuk dipilih sebagai bakal cawapres oleh masyarakat Jawa Barat berdasarkan survei Poltracking Indonesia. (Sumber: PTPN Group)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia, Erick Thohir menempati urutan kedua untuk dipilih sebagai bakal cawapres oleh masyarakat Jawa Barat.

Sementara di urutan pertama ada Ridwan Kamil yang merupakan mantan Gubernur Jawa Barat dan kini sebagai kader Partai Golkar.

Demikian Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam keterangannya sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (10/10/2023).

“(Ridwan Kamil -red) disusul Erick Thohir yang juga tinggi di Jawa Barat,” ujar Arya.

Arya memaparkan hasil survei untuk posisi bakal calon wakil presiden, Ridwan Kamil memperoleh 32 persen, Erick Thohir mendapat 14,9 persen, Muhaimin Iskandar 13,1 persen, dan Sandiaga Uno 9,2 persen.

Baca Juga: Polda Metro Jaya soal Kabar Rumah Pimpinan KPK Digeledah: Saya Minta Tetap Tunggu

“Parpol tentu punya kalkulasi masing-masing dalam melihat potensi bacawapres ini,” kata Arya.

Seperti halnya Ridwan Kamil, lanjut Arya, meskipun mendapat dukungan cukup tinggi untuk dipilih sebagai cawapres di Jabar tapi terganjal restu Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Sementara Erick Thohir memiliki keleluasaan untuk bisa dipasangkan sebagai cawapres dengan pihak mana pun di Pilpres 2024.


 

“Meski di publik tinggi, RK semakin ke sini semakin tidak beredar di elite partai karena di Golkar ada Airlangga. Dalam beberapa hari terakhir, (RK) kian redup sebagai bacawapres,” jelas Arya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan melalui metode "multistage random sampling" kepada 1.000 responden dengan "margin of error" sekitar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga: Zulhas soal Bakal Cawapres untuk Prabowo: Gibran Keren, Tapi Saya Usulkan Erick Thohir

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x