Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Kunjungi Bali untuk KTT Archipelago and Island States Forum 2023

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 18:10 WIB
presiden-jokowi-kunjungi-bali-untuk-ktt-archipelago-and-island-states-forum-2023
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato di Hari Ulang Tahun ke-78 TNI yang digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiba di Provinsi Bali pada Selasa (10/10/2023) dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelago and Island States (AIS) Forum 2023.

Pada saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Presiden Jokowi disambut oleh Pj. Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Kunjungan ini mencakup partisipasi Presiden dalam jamuan makan malam resmi yang dihadiri oleh para pemimpin dan delegasi negara-negara pulau dan kepulauan serta organisasi internasional yang berpartisipasi dalam KTT AIS Forum 2023.

Baca Juga: Momen SBY, Jokowi, Prabowo Saling Lempar Tawa di Parade Senja HUT Ke-78 TNI

Acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan kerja sama dalam berbagai isu penting, seperti ekonomi biru (blue economy), penanganan sampah laut, dan illegal fishing.

Besoknya, pada Rabu (11/10), Presiden Jokowi dijadwalkan membuka KTT AIS Forum 2023 yang akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Sebelum tiba di Bali, Presiden Jokowi dan rombongan berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 14.30 WIB dengan menggunakan pesawat Boeing TNI AU 737-400.

Baca Juga: Survei Poltracking Capres di Jabar: Prabowo 44,2 Persen, Anies 25 Persen, Ganjar 21,8 Persen

Mereka diantar oleh sejumlah pejabat tinggi termasuk Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay, dan Plh. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Mohamad Yusuf Permana.

AIS Forum

AIS Forum dibentuk sebagai wadah kerja sama antara negara pulau dan kepulauan untuk bersatu mengatasi tantangan bersama.

Dalam KTT ini, mereka akan membahas sejumlah isu penting yang berkaitan dengan lingkungan laut dan keberlanjutan, dengan tema "Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future."

Archipelago and Island States (AIS) Forum resmi dibentuk pada 1 November 2018 di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia, melalui Deklarasi Bersama Manado.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi, Bahas Politik hingga Arahan untuk Pilpres 2024

Konsepnya berasal dari diskusi di Konferensi Kelautan 2017 di New York, Amerika Serikat, dan dibahas lebih lanjut dalam Konferensi Negara Pulau dan Negara Kepulauan di Jakarta pada tahun yang sama.

Forum ini telah menjadi wadah penting bagi negara-negara pulau dan kepulauan untuk bersatu mengatasi isu-isu lingkungan laut dan keberlanjutan yang mendesak.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x