Kompas TV nasional humaniora

Tanpa Pawang Hujan, Mbak Rara Prediksi Cuaca saat MotoGP Indonesia 2023 Sirkuit Mandalika

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 11:58 WIB
tanpa-pawang-hujan-mbak-rara-prediksi-cuaca-saat-motogp-indonesia-2023-sirkuit-mandalika
Pawang hujan di MotoGP Mandlika, Rara Istiati, menunjukkan kolam es batu yang tidak mencair yang digunakan untuk memanggil hujan gerimis. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - MotoGP Indonesia yang akan digelar di Sirkuit Mandalika pada akhir pekan ini, Jumat (13/10/2023) hingga Minggu (15/10) mendatang akan berlangsung tanpa pawang hujan.

Sebelumnya Rara Istiati Wulandari atau Mbak Rara, seorang pawang hujan yang viral di media sosial atas aksinya dalam MotoGP tahun lalu. Namun, ia telah memastikan bahwa dirinya kali ini tidak akan berada di Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia 2023.

"MotoGP tahun ini katanya tidak memakai jasa pawang hujan, jadi aku sebagai fans MotoGP ya ikut doa saja, mudah-mudahan sukses," ujar Rara di Jakarta, Selasa (10/10) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Sudah Semakin Matang! Bagaimana Persiapan Jelang MotoGP Mandalika 2023?

Meskipun dia tidak ke Sirkuit Mandalika, Lombok, Mbak Rara tetap menjaga komunikasi dengan penyelenggara acara, yaitu Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Menurut informasi yang dia terima, cuaca pada tanggal 13 diharapkan cerah. Pada tanggal 14, mungkin ada gerimis ringan, tetapi diharapkan tidak akan mengganggu jalannya acara.

"Pas tanggal hari H-nya itu paginya saja, pagi-pagi banget mulai menetes sedikit. Karena sebenarnya hujan itu lagi diharapkan. Diharapkan sekali," lanjutnya.

Baca Juga: MotoGP Mandalika 2023: Sebelum Balapan, Para Pebalap akan Tanam Terumbu Karang

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya Presiden Direktur ITDC Ari Respati menjelaskan tahun ini mereka lebih mengandalkan prediksi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) daripada pawang hujan.

"Kami selama ini tidak pernah berkontak atau punya kontrak khusus dengan mbak Rara. Kalau beliau mau nonton sebagai spectator, monggo saja. Kalau beliau mau melakukan kelebihannya juga silakan, kami tidak mengontak," kata Ari di acara Press Conference MotoGP Mandalika, Selasa (3/9).

Prediksi cuaca dari BMKG menunjukkan bahwa MotoGP Mandalika tahun ini akan disertai cuaca cerah. Oleh karena itu, tidak ada rencana khusus untuk memanggil pawang hujan.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Para Menteri Bakal Ramaikan MotoGP di Mandalika


 



Sumber : Kompas.com, Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x