Kompas TV nasional rumah pemilu

Besok, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD Daftar Pilpres 2024 ke KPU Setelah Anies-Cak Imin

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 11:28 WIB
besok-ganjar-pranowo-dan-mahfud-md-daftar-pilpres-2024-ke-kpu-setelah-anies-cak-imin
Pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Gabungan partai politik pendukung bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftarkan kandidatnya untuk Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023).

Berdasarkan informasi yang diterima KOMPAS TV, surat pemberitahuan yang ditujukan ke KPU dari gabungan parpol pendukung Ganjar-Mahfud dikirim dan tertanggal 17 Oktober 2023.

Di dalamnya terdapat 4 partai politik antara lain adalah PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura Rakyat (Partai Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia (Partai Perindo)

“Menyampaikan permohonan kepada KPU RI untuk penjadwalan waktu pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 11.00 WIB.”

Baca Juga: Mahfud MD Resmi Jadi Pendamping Ganjar, PPP: Kami Tidak Kuatir Pertarungan Pilpres 2024 di Jatim

Surat penyampaian waktu pendaftaran capres-cawapres terdapat tandatangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto. Lalu ada tandatangan Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono dan Sekjen Arwani Thomafi.

Kemudian ada juga tandatangan Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo dan Sekjen Ahmad Rofid serta tandatangan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta dan Sekjen Kodrat Shah.

Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan, rencananya gabungan partai politik (parpol) yang mengusung Ganjar-Mahfud MD  itu akan mendaftarkan bakal capres-cawapres pada Kamis (19/10/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. 

 

Baca Juga: PPP: Ganjar dan Cawapresnya Diumumkan Hari Ini, Dideklarasi Nanti Malam dan Besok Didaftarkan

Idham menjelaskan, selain Ganjar dan Mahfud ada juga paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang akan melakukan pendaftaran pada hari yang sama. 

Namun, Anies-Cak Imin yang diusung oleh Partai Nasdem, PKB dan PKS akan melakukan pendaftaran pada pukul 08.00 WIB. 


 

"Jadi dengan demikian di 19 Oktober dua gabungan parpol telah memberitahukan rencana pendaftaran bakal paslon presiden-wakil presidennya," katanya.

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x