Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud Akui sebelum Hari Pengumuman Cawapres Sempat Bertemu Megawati, Ini yang Dibahas

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 22:19 WIB
mahfud-akui-sebelum-hari-pengumuman-cawapres-sempat-bertemu-megawati-ini-yang-dibahas
Pasangan bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengakui sempat bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebelum diumumkan sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Pertemuan tersebut terjadi di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat pada Selasa (17/10/2023) malam, atau sehari sebelum pengumuman Mahfud menjadi bakal cawapres Ganjar. 

Mahfud menjelaskan, dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang didiskusikan. Utamanya soal negara, terutama masalah hukum dan korupsi. 

Menurut Mahfud, diskusi mengenai permasalahan bangsa ini berlangsung selama dua jam. Mahfud diminta untuk membenahi masalah hukum dan korupsi. 

Dalam pertemuan itu, Megawati juga menyampaikan mengenai keputusan partai pendukung Ganjar untuk memilih dirinya sebagai pendamping Ganjar di Pilpres 2024. 

Baca Juga: Jokowi Restui Mahfud MD Jadi Bacawapres Ganjar dan Beri Izin Cuti untuk Daftar ke KPU

Selain itu, dalam pembicaraan tersebut, Mahfud juga sempat diberitahu soal kebutuhan logistik selama proses pemilu ini. 

"Karena untuk saya itu tugasnya yang pokok, pembenahan hukum dan korupsi," ujar Mahfud saat ditemui di kantor Kemenko Pohukam, Rabu (18/10/2023).

Mahfud MD secara resmi diumumkan sebagai bakal cawapres Ganjar. Pasangan bakal capres dan cawapres Ganjar-Mahfud ini diusung dan didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Rencananya, pasangan bakal capres dan cawapres Ganjar-Mahfud akan mendaftarkan diri sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10/2023) esok.

Kegiatan sebelum Diumumkan 

Sehari sebelum Mahfud dideklarasikan sebagai bakal cawapres Ganjar, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengunjungi beberapa pihak, mulai dari Tim Pemenangan (TPN) Ganjar hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Mahfud MD Mengaku Tak Keluarkan Uang Sepeser Pun Jadi Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Dalam agenda yang didapat Selasa (17/10/2023), Mahfud menjadi keynote speaker atau pembicara kunci di acara Dialog Kebangsaan: Sukses Pemilu 2024 Menuju Indonesia Maju, di Solo, Jawa Tengah. 

Acara tersebut dimulai Selasa pagi dan dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), termasuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta Ketua KPU Hasyim Asy'ari dan Anggota Bawaslu Puadi.

Dalam acara tersebut, Mahfud tidak bisa hadir lantaran ada acara kenegaraan. Ia pun memberikan sambutan secara daring. Adapun saat itu Presiden Joko Widodo masih dalam kunjungan kerja ke China. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x