Kompas TV nasional rumah pemilu

Anies Baswedan dan Cak Imin Resmi Daftar Pilpres 2024, Surya Paloh: Saya Percaya pada KPU

Kompas.tv - 19 Oktober 2023, 10:37 WIB
anies-baswedan-dan-cak-imin-resmi-daftar-pilpres-2024-surya-paloh-saya-percaya-pada-kpu
Penyerahan berkas pendaftaran capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di KPU, Kamis (19/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) resmi mendaftar sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (19/10/2023).

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengucapkan terima kasih kepada KPU karena telah menerima kedatangan rombongannya untuk mendaftarkan Anies dan Muhaimin.

“Terima kasih atas penerimaan dan waktu yang telah disediakan kepada kami tentu atas nama Koalisi Perubahan, dari NasDem, PKB, dan PKS,” kata Surya Paloh, seperti dikutip dari Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Anies dan Muhaimin Tiba di Kantor KPU untuk Daftar Sebagai Bakal Capres-Cawapres di Pilpres 2024

Ia yakin bahwa pemilihan umum (pemilu) 2024 akan berjalan dengan profesional, jujur, dan berkeadilan bagi semua peserta. Ia juga menyampaikan rasa percaya kepada KPU untuk mengawal jalannya pemilu 2024.

“Saya percaya pada KPU kita,” ucap Surya Paloh.

Sebagai informasi, pendaftaran Anies dan Cak Imin diarak oleh para relawan, simpatisan, dan massa partai dari Koalisi Perubahan menggunakan jeep atap terbuka. Sekitar 20 ribu orang meramaikan kegiatan ini.

Pendaftaran Anies dan Muhaimin ke KPU ini dilakukan usai keduanya sungkeman dengan orangtua masing-masing dan dilepas oleh keluarga. 

Keduanya juga sempat berkunjung ke Kantor DPP PKS di TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dilanjutkan ke Kantor DPP PKB, lalu ke DPP Partai NasDem.

Anies dan Muhaimin menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai capres-cawapres di KPU. Setelahnya, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftar di hari yang sama pukul 11.00 WIB.

Adapun, untuk bakal capres Prabowo Subianto yang hingga kini belum mengumumkan kandidat cawapres, juga belum bersurat ke KPU terkait kapan akan mendaftar.

Baca Juga: Daftar Cawapres ke KPU Hari Ini, Mahfud MD Gandeng Cak Lontong, Sam Bimbo, dan Sejumlah Kiai

Pendaftaran capres-cawapres akan berlangsung selama satu pekan, mulai hari ini hingga Rabu (25/10) mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan, pihaknya juga telah menjadwalkan pemeriksaan kesehatan terhadap Anies-Muhaimin dan Ganjar- Mahfud MD.

Untuk Anies-Muhaimin, pemeriksaan kesehatan akan dilakukan di RSPAD Gatot Subroto pada Sabtu (21/10). Sementara, untuk Ganjar-Mahfud MD akan dilakukan pada Minggu (22/10).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x