Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Beber Alasan Batal Lari Pagi ke RSPAD: Tidak Disarankan Dokter

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 09:15 WIB
ganjar-beber-alasan-batal-lari-pagi-ke-rspad-tidak-disarankan-dokter
Foto Arsip. Ganjar Pranowo membeberkan alasan mengurungkan niat lari pagi ke RSPAD Gatot Soebroto Minggu (22/10/2023). (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo bersama bakal calon wakil presiden (Bacawapres) pendampingnya menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, pagi ini, Minggu (22/10/2023).

Ganjar sebelumnya telah berencana lari pagi dari kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan menuju RSPAD Gatot Soebroto. Namun, niat itu diurungkannya karena tidak disarankan oleh tim dokter.

"(Batal lari ke RSPAD) kata dokter tidak disarankan olahraga," kata Ganjar di kediamannya menjelang tes kesehatan, Minggu (22/10).

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa yang ikut hadir di RSPAD Gatot Soebroto ini pun mengaku lega usai Ganjar memutuskan untuk membatalkan rencana lari pagi ke RSPAD tersebut.

Pasalnya, Andika menyebut lari pagi dapat berisiko tinggi terhadap kesehatan Ganjar.

"Itu beresiko tinggi, dan beliau memutuskan untuk membatalkan. Bagus, lah," kata Andika.

Mengingat, kata dia, sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan, Ganjar telah diperintah dokter untuk berpuasa sejak Sabtu (21/10) malam, tepatnya pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD, Mahfud MD: Saya Sehat, Sudah 66 Tahun tapi Tak Pernah Sakit

Jenderal TNI (Purn) tersebut mengatakan puasa yang dilakoni Ganjar sejak pukul 8 malam dapat mengakibatkan dehidrasi bila diawali dengan lari pagi.

"Dehidrasi itu urutannya berarti ke kreatinin, ginjal. Kan rugi, lah, sesuatu yang enggak perlu, gitu lho," jelasnya.

"Nah, mungkin nanti sore, barulah (Ganjar boleh lari)," sambungnya.


Seperti diketahui, bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar-Mahfud menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada hari ini.

Berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV Dipo Nurbabahagia, Mahfud terlebih dahulu tiba sekitar pukul 07.00 WIB. Mahfud mengenakan pakaian batik dan mengacungkan kedua jempolnya ke awak media.

Selang beberapa menit, Ganjar Pranowo yang didampingi sang istri Siti Atikoh kemudian tiba di RSPAD Gatot Soebroto. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu datang mengenakan kaos berwarna putih dan celana hitam.

Diketahui, pemeriksaan tes kesehatan atau medical check-up ini merupakan persyaratan wajib bagi bakal calon presiden dan wakil presiden untuk maju dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) Pemilu 2024.

Sebelumnya, bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar telah lebih dulu menjalani pemeriksaan di RSPAD.

Anies-Muhaimin menjalani pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (21/10). 

Baca Juga: Kepala RSPAD Pastikan Pemeriksaan Kesehatan Bakal Paslon Pilpres Masih Sama: Libatkan 50 Dokter

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x