Kompas TV nasional rumah pemilu

Airlangga Sebut bakal Ada Deklarasi sebelum Pendaftaran Prabowo ke KPU, Gibran Jadi Kader Golkar?

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 16:46 WIB
airlangga-sebut-bakal-ada-deklarasi-sebelum-pendaftaran-prabowo-ke-kpu-gibran-jadi-kader-golkar
Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto memimpin Rapimnas di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023) (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Koalisi Indonesia Maju akan mendaftarkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon (paslon) capres dan cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut, rencananya, sebelum pendaftaran paslon capres-cawapres ke KPU, akan ada pengumuman. 

Namun, Airlangga tidak menjelaskan lebih lanjut terkait pengumuman yang diduga merupakan pengumuman deklarasi Gibran menjadi kader Partai Golkar. Pasalnya, Partai Golkarlah yang mendeklarasikan Gibran menjadi bakal cawapres Prabowo. Sementara hingga saat ini, Gibran masih tercatat sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan).

"Ya kita lihat besok, acaranya besok. Besok diumumin. Ya artinya diawali dengan deklarasi," ujar Airlangga di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023).

Baca Juga: Gerindra Gelar Rapimnas Hari Ini, Gibran Disebut Tak Hadir, Bakal Muncul Saat Pendaftaran di KPU

Terkait dengan pandaftaran paslon capres-cawapres ke KPU, Airlangga menjelaskan, seluruh ketua umum partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan mendampingi Prabowo-Gibran ke KPU.

Pendaftaran Prabowo Gibran akan dilakukan pada Rabu (25/10/2023) pagi.

Terkait apa saja kegiatan dalam proses pendaftaran, Airlangga belum bisa memberikan bocoran. Yang pasti, sebutnya, akan ada deklarasi sebelum pendaftaran ke KPU.

Adapun KIM terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Rakyat Adil Makmur (Prima).

"Kita lihat, besok ada deklarasi," ujar Airlangga. 

Sejauh ini, Gibran belum menjelaskan mengenai statusnya di PDI Perjuangan setelah Partai Golkar mendeklarasikan Wali Kota Surakarta itu menjadi bakal cawapres Prabowo.

Baca Juga: Rencana Prabowo-Gibran Daftar ke KPU, Bagaimana Status Gibran di PDIP?

Gibran mengaku dirinya sudah melaporkan ke Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait kehadirannya di acara Rapimnas Golkar. 

Gibran mengapresiasi Partai Golkar yang mengusung dirinya sebagai bakal cawapres dari Koalisi Indonesia Maju mendampingi Prabowo Subianto.

Gibran mengaku akan berkoordinasi dengan Prabowo terkait hasil Rapimnas Golkar tersebut. 

"Saya sangat mengapresiasi hasil Rapimnas pada siang hari ini, untuk selanjutnya akan kami koordinasikan, akan kami tindaklanjuti bersama dengan Pak Prabowo," ujar Gibran didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x