Kompas TV nasional politik

Pensiun dari TNI AD Dudung Titip Pesan Seluruh Prajurit Harus Netral di Pemilu 2024

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 13:08 WIB
pensiun-dari-tni-ad-dudung-titip-pesan-seluruh-prajurit-harus-netral-di-pemilu-2024
Jenderal TNI (Purn) Dudung Dudung Abdurachman memberikan ucapan selamat kepada Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto yang dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melantik Wakil Kepala Staf TNI AD (KSAD) Letjen TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

Sebelum purnatugas dari TNI pada November mendatang, Dudung telah menitipkan kepada seluruh jajaran komandan satuan hingga panglima daerah militer agar TNI tetap menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Dudung menekankan sikap netral penting karena TNI AD maupun TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Saya sampaikan agar tetap menjaga netralitas TNI yang tidak memihak kepada kelompok, golongan dan calon mana pun," ujar Dudung sebelum pelantikan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Selain menitipkan pesan agar TNI tetap menjaga netralitas di Pemilu 2024, Dudung juga meminta masyarakat untuk menjaga situasi politik di Pemilu 2024 dengan persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: Profil Letjen Agus Subiyanto yang Dilantik Jadi KSAD, Pernah Jadi Komandan Paspampres Jokowi

Menurutnya perbedaan biasa terjadi, namun tidak menjadi alasan perbedaan membuat persatuan dan kesatuan iktu terpecah. 

"Ya saya berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia, situasi politik ini jaga persatuan dan kesatuan, perbedaan itu biasa," ujarnya. 

Lebih lanjut Dudung mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang memberi kepercayaan kepada dirinya menjadi KSAD. 

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) ini pun berharap, TNI AD dapat semakin sukses dan maju ke depan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x