Kompas TV nasional politik

Profil Agus Subiyanto, Sepekan Jabat KSAD dan Kini Diusulkan Jadi Panglima TNI

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 14:55 WIB
profil-agus-subiyanto-sepekan-jabat-ksad-dan-kini-diusulkan-jadi-panglima-tni
Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Merdeka, Rabu (25/10/2023). (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyebut Presiden RI Joko Widodo mengusulkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi calon tunggal Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.

Penjelasan itu disampaikan Puan Maharani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono,” kata Puan dikutip Kompas.TV.

“Nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," imbuhnya.

Baca Juga: Ketua DPR Sebut Presiden Jokowi Usulkan KSAD Agus Jadi Calon Panglima TNI

Selanjutnya, kata Puan, pihak DPR akan menindaklanjuti surat presiden tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR.


 

Agus diusulkan menjadi Panglima TNI, hanya sepekan setelah dilantik menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Rabu (25/10/2023),  menggantikan Jenderal Dudung Abdurrahman yang pensiun November ini. 

Perjalanan Karier Agus

Agus sendiri menjabat sebagai KSAD pada 25 Oktober 2023, menggantikan jenderal Dudung Abdurrahman yang memasuki masa pensiun.

Saat dilantik sebagai KSAD, Agus mengaku mendapat pesan dari Jokowi untuk menjaga situasi Pemilu 2024 tetap aman dan kondusif.

"Bapak Presiden menyampaikan untuk membuat kondusif di semua wilayah," kata Agus dalam keterangan pers seusai dilantik sebagai KSAD di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Berikut profil Agus Subiyanto, dikutip dari pemberitaan Kompas.TV:




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x