Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Targetkan Bandara IKN Berfungsi Penuh Desember 2024, tapi Sudah Bisa Digunakan Juni

Kompas.tv - 1 November 2023, 12:22 WIB
jokowi-targetkan-bandara-ikn-berfungsi-penuh-desember-2024-tapi-sudah-bisa-digunakan-juni
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memencet tombol sirene sebagai tanda dimulainya groundbreaking Bandara IKN, Rabu (1/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menargetkan Bandar Udara (Bandara) Ibu Kota Nusantara (IKN) beroperasi penuh pada Desember 2024 mendatang, namun sudah bisa dimanfaatkan pada Juni 2024.

Jokowi menyampaikan hal itu dalam sambutannya saat pelaksanaan ground breaking pembangunan Bandara IKN, Rabu (1/11/2023).

“Ditargetkan akan beroperasi penuh di Bulan Desember 2024, tetapi sudah bisa dipakai nanti Bulan Juni 2024,” jelasnya dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV.

Baca Juga: Begini Kata Pengamat soal PDIP Merasa Kecewa Ditinggal Keluarga Jokowi

Menurut Jokowi, kehadiran bandara tersebut sangat penting, karena kegiatan di IKN pun semakin padat, termasuk mobilitas orang dan barang.

“Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat semakin padatnya kegiatan di IKN, semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju IKN.”

“Bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di ibu kota nusantara,” tambah dia.

Dalam ambutannya, Jokowi juga menjelakan luas lahan bandara serta panjang landasan pacu atau runway.

“Bandara IKN ini memiliki luas 347 hekate dengan runway 3 ribu x 45 meter dan dapat melayani pesawat berbadan lebar.”

“Dan juga dilengkapi dengan terminal seluar 7.350 meter persegi sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik,” tambahnya.

Baca Juga: Hari Kedua Beroperasi, Berikut Tujuan Penerbangan Domestik di Bandara Kertajati

Dengan keberadaan bandara tersebut, lanjut Jokowi, kawasan IKN emakin terbuka, konektivitas semakin baik, dan juga semakin mudah dijangkau dari mana pun.

“Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong  pengembangan poensi di daerah dan mengakselerasi pembangaunan IKN yang sedang kita proses.”


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x