Kompas TV nasional peristiwa

Kirim Bantuan 51 Ton, Presiden Jokowi: Indonesia Terus Bersama Perjuangan Bangsa Palestina

Kompas.tv - 4 November 2023, 21:25 WIB
kirim-bantuan-51-ton-presiden-jokowi-indonesia-terus-bersama-perjuangan-bangsa-palestina
Presiden Jokowi melepaskan bantuan bersama ParagornCorp untuk dikirimkan ke Palestina di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). 

Nantinya, bantuan untuk warga Palestina ini akan diturunkan di Bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan ke Gaza.

Bantuan tahap pertama ini terdiri dari bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

Berat bantuan tersebut mencapai 51,5 ton yang akan dibawa menggunakan tiga pesawat.

Presiden Jokowi menjelaskan, bantuan tersebut bukan hanya dari pemerintah, namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. 

Baca Juga: Bersama Pemerintah, ParagonCorp Kirim Bantuan Kemanusiaan Rp5 Miliar untuk Warga Palestina

Ada yang dari Baznas, dari IHA, dari PMI, dari Kitabisa, dan juga dari pemerintah, TNI, dan Polri. Diharapkan ke depan, semakin banyak bantuan-bantuan dari masyarakat dan dunia usaha yang dikirim ke Gaza. 

"Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan," ujar Presiden Jokowi di Halim Perdanakusuma. 

Lebih lanjut, Presiden kembali menekankan bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan bangsa Palestina.

"Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina," ujar Jokowi. 

Turut hadir dalam pelepasan bantuan kemanusiaan ini yakni Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x