Kompas TV nasional humaniora

Berkenalan dengan Briptu Renita Rismayanti dan Kiprahnya, Dapat Penghargaan Polwan Terbaik PBB 2023

Kompas.tv - 17 November 2023, 23:00 WIB
berkenalan-dengan-briptu-renita-rismayanti-dan-kiprahnya-dapat-penghargaan-polwan-terbaik-pbb-2023
Brigadir Polisi Satu Renita Rismayanti mendapat penghargaan Polwan Terbaik PPB 2023. Penghargaan itu dianugerahkan kepadanya di di Markas Besar PBB di New York City, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023) siang waktu setempat (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Brigadir Polisi Satu Renita Rismayanti dari Indonesia menerima penghargaan sebagai Polisi Wanita Terbaik Perserikatan Bangsa-Bangsa 2023

Briptu Renita merupakan polisi wanita (polwan) asal Indonesia yang kini bertugas dalam misi menjaga perdamaian di Republik Afrika Tengah.

Penghargaan Polisi Wanita Terbaik merupakan penghargaan yang dibuat sejak 2011 untuk mengakui kontribusi polwan dalam operasi perdamaian PBB dan mempromosikan pemberdayaan perempuan.

Upacara pemberian anugerah tersebut dilakukan di Markas Besar PBB di New York City, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2023) siang waktu setempat. Ia merupakan penerima penghargaan Polisi Wanita Terbaik PBB termuda.

Baca Juga: Kadispen TNI AU Soal Investigasi Jatuhnya Pesawat Super Tucano di Pasuruan

”Saya terharu, tidak menyangka bisa mendapat penghargaan ini. Saya bertugas tidak hanya membawa nama pribadi, tetapi juga negara. Setelah ini saya berharap ada lebih banyak lagi polwan dari Indonesia yang berkiprah dalam misi pemeliharaan perdamaian PBB,” tutur Renita, Jumat (17/11), seperti dikutip dari Kompas.id.

Lantas, siapa sosok Briptu Renita Rismayanti?

Profil Briptu Renita Rismayanti

Dikutip dari Kompas.com, Briptu Renita Rismayanti lahir di Magelang pada 28 Oktober 1996. Di usianya yang ke-27, wanita yang akrab disapa Nita ini memiliki pangkat Brigadir Polisi Satu atau Briptu.

Renita Rismayanti memulai karier di Polri sebagai petugas informasi publik pada 2014. Ia lalu bekerja di bidang pelatihan, administrasi, dan logistik.

Di Indonesia, Renita tergabung ke dalam Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) yang dipimpin oleh Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Krishna Murti.

Renita dikenal memiliki kemampuan dalam berbahasa daerah dan asing. Dia juga memiliki kemampuan di bidang teknologi dan data pengembangan desain dan basis data kriminal dan gangguan publik.

Briptu Renita Rismayanti lalu ditugaskan menjadi Petugas Basis Data Kriminal (Crime Database Officer) di Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah (MINUSCA).




Sumber : Kompas.id, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x