Kompas TV nasional politik

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Beberkan Arahan Presiden Jokowi

Kompas.tv - 22 November 2023, 11:52 WIB
panglima-tni-jenderal-agus-subiyanto-beberkan-arahan-presiden-jokowi
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Rabu (22/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto membeberkan arahan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi pada dirinya.

Menurut Jenderal Agus Subiyanto, dirinya telah menghadap pada Presiden Jokowi, dan mendapatkan arahan.

“Ada (arahan), jadi waktu itu saya menghadap beliau, arahannya melakanakan tugas pokok, berkolaborasi dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat,” jelasnya.

“Tentang penanganan Papua, bencana alam yang sering terjadi, jadi kita selalu berkolaborasi dengan kementerian terkait. Itu yang disampaikan oleh Bapak Presiden, kita menggandeng semua,” lanjutnya, dikutip dari Breaking News KompasTV.

Baca Juga: Panglima TNI Persilakan Masyarakat Mengadu ke Posko jika Temukan Prajurit Tidak Netral

Ia menambahkan, TNI memiliki sejumlah aturan yang harus ditaati, mulai dari sapta marga hingga sumpah prajurit.

“Jadi kita TNI itu sudah ada koridornya ya, sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, kita selalu ke situ.”

“Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945, jadi kita tegak lurus kepada negara,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama Kapolri, Pangdam, Kapolda di wilayah sudah mendeklarasikan Pemilu Damai 2024.

“Kita gaungkan terus deklarasi damai tersebut dan juga kita melibatkan seluruh elemen masyarakat.”

“Tidak hanya TNI/Polri, di situ ada KPU, Bawaslu yang ada di wilayah, dan juga tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, LSM, dan semua elemen mayarakat, membuat pakta integritas tentang pemilu damai,” bebernya.

Baca Juga: Panglima TNI Agus Subiyanto akan Teruskan Program Yudo Margono dan Naikkan Tunjangan Prajurit

Ia berharap, dengan adanya kolaborasi dengan sejumlah pihak tersebut, pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) dapat berjalan sesuai tahapan.

“Kita harapkan pelakanaan pemilu ini bisa berjalan sesuai waktu yang ditentukan, tentunya dalam keadaan aman dan damai, itu yang kita harapkan.”


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x